Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Liburan

Beda dari Premium dan Pertamax, pemakaian Solar ditaksir menurun 12 persen. Bila normal 35.173 kilo liter lantas menjadi 31.118 liter sekitar Lebaran.

Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Liburan
Tribun Medan/ Ayu Prasandi
General Manager (GM) Pertamina MOR I, Romulo Hutapea, saat mengecek armada untuk kesiapan jelang Lebaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Group Medan, Kamis (23/6/2016). 

TRIBUN-MEDAN.com - PT Pertamina memprediksi selama periode 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran (6 Juli), permintaan bahan bakar minyak (BBM) Premium bakal melonjak 15 persen. Biasanya, rata-rata pemakaian harian mencapai 71.906 kilo liter, pada masa tersebut diperkirakan melonjak sampai 82.496 kilo liter.

Saat bertemu dengan jurnalis di Jakarta, Rabu (29/6/2016), Senior Vice President Fuel Marketing, and Distribution Pertamina, Muhammad Iskandar, mengatakan, Pertamina semakin mahir memprediksi angka kenaikan BBM. Sambil menunjukan data grafis hasil pantauan di lapangan Iskandar bilang perkiraannya hampir tepat.

Pemakaian BBM jenis lainnya, Pertamax, dikatakan juga meningkat, bahkan lebih tinggi dari Premium. Pemakaian Pertamax dikira akan naik sampai 17 persen, atau dari 10.132 kilo liter harian menjadi 11.847 kilo liter.

Iskandar juga memaparkan dari hasil data dari tahun ke tahun, Pertamax meningkat drastis pada H-3 atau H-4 sebesar lebih dari 80 persen. Jumlah itu lebih tinggi dari Premium.

Beda dari Premium dan Pertamax, pemakaian Solar ditaksir menurun 12 persen. Bila normal 35.173 kilo liter lantas menjadi 31.118 liter sekitar Lebaran.

Level stok

Pertamina sudah mempersiapkan strategi khusus sampai ke lapangan buat mengantisipasi lonjakan penggunaan BBM bensin dan diesel. Dikatakan Iskandar, level stok atau ketahanan pasokan buat Premium mencapai 17 hari sedangkan Solar 28 hari.

“Level stok sampai lebaran, sangat aman. Bahkan sampai hari ini Premium posisinya sampai 19 hari. Bergerak terus tapi rata-rata nantinya 17 hari,” kata Iskandar.(*)

Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved