Kudeta Sebabkan Mata Uang Turki Anjlok

Kudeta militer yang pecah di Turki pada Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat membuat nilai tukar mata uang lira anjlok. Nilai tukar lira dilaporkan

Kudeta Sebabkan Mata Uang Turki Anjlok
AFP / OZAN KOSE
Tentara Turki berjaga dengan senjata di Taksim Square, saat sejumlah orang memprotes melawan kudeta militer di Istanbul, Sabtu (16/7/2016) waktu setempat. Upaya kudeta terjadi pada Jumat malam setelah militer mengeluarkan pernyataan telah mengambil alih kekuasaan untuk mengembalikan aturan dan demokrasi di negeri itu. 

TRIBUN-MEDAN.com, NEW YORK - Kudeta militer yang pecah di Turki pada Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat membuat nilai tukar mata uang lira anjlok. Nilai tukar lira dilaporkan anjlok 5 persen terhadap mata uang dollar AS.

Penurunan kurs tersebut merupakan yang paling dramatis bagi lira. Berdasarkan laporan, militer Turki menyatakan dalam pengumuman resmi bahwa militer telah mengambil alih negara.

Laporan terkait aktivitas militer yang tidak biasa bermunculan di Twitter sesaat sebelum bursa saham Amerika Serikat ditutup pada Jumat sore.

Bursa saham Turki ETF pun ditutup melemah 2.5 persen dan sempat melemah 6 persen.

Hingga kini belum jelas siapa yang sebenarnya memiliki kendali atas Turki. Tank dan tentara berkeliaran di jalan raya, termasuk juga pengunjuk rasa. Tembakan senjata dan ledakan ikut mericuhkan keributan.

Baik pemerintah yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan dan militer mengklaim mereka yang mengendalikan negara.

Menurut sumber kepresiden, pada Sabtu (16/7/2016) waktu setempat, pesawat yang membawa Presiden Erdogan mendarat di bandara Attaturk di Istanbul. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved