Menangislah Saat Stres

Kapan terakhir kali Anda menangis? Saat stres, cobalah keluarkan dengan menangis. Menangis itu ternyata baik untuk kesehatan.

Menangislah Saat Stres
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Kapan terakhir kali Anda menangis? Saat stres, cobalah keluarkan dengan menangis. Menangis itu ternyata baik untuk kesehatan.

Dr Pete Sulack, dokter yang mendalami stres dari AS, ditanyai mana yang lebih baik, mengeluarkan stres dengan menangis atau menarik napas dalam untuk menahan tangis.

Ia mengatakan menangis itu baik untuk mengurangi kadar stres di tubuh. Juga baik untuk kesehatan emosi dan psikologi serta cara yang baik untuk menghadapi emosi yang tegang.

Hal itu pernah dibuktikan secara ilmiah. Studi di St Paul-Ramsey Medical Center Minnesota menemukan bahwa air mata sebenarnya mengandung hormon stres.

Menurut Dr Sulack, air mata itu merupakan hormon berbasis protein prolaktin, hormon adrenocorticotropic dan leucine enkephalin (penghilang nyeri alami) yang semuanya diproduksi oleh tubuh manusia ketika sedang stres.

Ia juga menekankan, bahwa mengeluarkan hormon adrenocorticitropic sebenarnya mengurangi kadar kortisol di tubuh.

Kortisol adalah hormon stres yang membuat kita jadi cemas dan panik serta menyebabkan perut jadi buncit. Mengurangi kortisol, berarti jadi lebih bahagia dan lebih langsing. (*)

Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved