Haji 2016

Dua Calhaj Kloter II Didiagnosa Alami Gangguan Jiwa

Dua orang calon haji dari kloter II Labuhan Batu dinyatakan tidak sehat dan mengalami stres saat berada di lokasi Embarkasi Medan.

Dua Calhaj Kloter II Didiagnosa Alami Gangguan Jiwa
Tribun Medan / Dedy
Calhaj Haji saat melaksanakan tes ulang kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dua orang calon haji dari kloter II Labuhan Batu dinyatakan tidak sehat dan mengalami stres saat berada di lokasi Embarkasi Medan.

Keduanya adalah Napisah binti Mukhtar Ahmad (74) warga Siderejo I Meranti Bilah, Labuhan Batu dan Gonjong Baksa Hasibuan (61) warga Aek Tanjung Siram Bilah, Labuhan Batu.

"Tadi pagi ada lagi satu orang stres yang saat ini dirujuk di Rumah Sakit Haji Medan," jelas Bahrum, Rabu sore (10/8/2016)

Sebelumnya diketahui jemaah yang menderita gangguan jiwa dijelaskan Bahrum berdasarkan hasil pemeriksaan Bidang Kesehatan Haji.

Disebut Bahrum hasil tersebut tertuang dalam Surat Nomor 02/Bidkes/PPIH/2016 tentang Public Health Emergency International of Concern (PHEIC).

Calhaj bernomor manifest 134 atas nama Napisah menderita disorientasi dengan tanda terus mengamuk minta ingin pulang.

Ketua Kloter II, Drs Umar Ritonga mengaku jika Calhaj yang menderita gangguan jiwa itu, bersikap aneh. Bahkan, disebutnya kalau dirinya juga sempat dimarahi calhaj yang menderita gangguan jiwa itu, tanpa sebab yang jelas.

"Calon haji yang alami stres berungkali ingin pulang karena tidak mau haji dengan alasan belum berziarah ke makam orangtuanya.," ujar Umar.

Untuk saat ini beberapa kendala lainnya pada umumnya masalah visa yang belum selesai. Namun tidak ada yang disebut gagal haji melainkan tertunda dan akan menyusuk bersama kloter selanjutnya bila memungkinkan.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved