Akhyar: Setiap Rumah Harus Punya 10 Tanaman di Polybag

"Saya juga punya 12 polybag tanaman cabai. Jadi kalau mau nyambal enggak perlu beli lagi," katanya.

Akhyar: Setiap Rumah Harus Punya 10 Tanaman di Polybag
Tribun Medan/Hendrik Fernandes
Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution berbicara dengan Kepala BKP Medan Emilia Lubis saat meninjau stan BKP Medan dalam Peringatan Hari Pangan se-Dunia di Lapangan Pertiwi, Kamis (11/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Hendrik Fernandes

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution hadiri acara peringatan Hari Pangan Sedunia di Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan Medan, Kamis (11/8/2016).

Akhyar menyampaikan bahwa setiap pihak harus menjaga kualitas pangan. Ia juga menyebutkan bahwa Pemko Medan telah melakukan berbagai riset, termasuk melaksanakan program one day no rice.

"Kita mau kembangkan kualitas pangan. Kita juga terus menjalankan program one day no rice. Tapi memang banyak masyarakat bilang kalau enggak makan nasi itu belum makan. Jadi gak berjalan sesuai harapan. Masyarakat kita masyarakat nasi, gak mungkin juga kita melarang masyarakat makan ini- makan itu," katanya di Lapangan Pertiwi.

Akhyar juga mengatakan bahwa Dinas Pertanian telah mengembangkan bibit unggul. Hal ini sebagai upaya untuk memperbaiki dan menjaga kualitas pangan yang sudah beredar di Kota Medan.

"Dinas Pertanian sudah menyediakan bibit buah unggul. Termasuk juga bibit ikan nila dan lele yang diberikan gratis kepada masyarakat. Jumlahnya banyak. Kalau mau tahu distribusinya, langsung ke Dinas Pertanian saja," ungkap Akhyar.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak bergantung 100 persen kepada pasar. Di tengah kunjungan di stan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Medan, Akhyar meminta Kepala BKP Emilia Lubis untuk membuat program setiap rumah 10 tanaman.

"Lahan di Medan memang sempit tapi bisa pakai polybag lah. Saya juga punya 12 polybag tanaman cabai. Jadi kalau mau nyambal enggak perlu beli lagi. Setiap rumah setidaknya punya 10 polybag. Jangan bergantung kepada pasar," katanya. (cr2/tribun-medan.com)

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved