Breaking News:

Breaking News

Danlanud Soewondo Diharapkan Bertanggung Jawab atas Arogansi Oknum TNI AU Penganiaya

Ratusan jurnalis yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Jurnalis Medan gelar aksi di Bundaran Sudirman Medan, Selasa (16/8/2016).

Penulis: | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun Medan/ Nanda Fahriza
Aksi solidaritas jurnalis Medan saat menggelar aksi di Bundaran Sudirman Medan, Selasa (16/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ratusan jurnalis yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Jurnalis Medan gelar aksi di Bundaran Sudirman Medan, Selasa (16/8/2016).

Para jurnalis menuntut Komandan Lanud Soewondo Kolonel Arifien dicopot.

Hal tersebut merupakan buntut dari sikap arogansi dan kekerasan fisik yang dilakukan onkum TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Soewondo terhadap sejumlah wartawan yang sedang meliput aksi unjuk rasa masyarakat di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia pada Senin (15/8/2016) lalu.

Sikap oknum TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo tersebut dinilai semakin memperburuk citra TNI serta melanggar kebebasan pers yang telah diatur pada Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999.

Simak video pernyataan sikap Pemimpin Redaksi Tribun Medan Abdul Haerah HR:

Saat menggelar aksi tersebut, semua peralatan liputan mulai dari kamera, ID card mereka lepas.

Pasalnya, dua jurnalis yang menjadi korban penganiayaan, yakni Array A. Argus dan Andri Safrin, telah menunjukkan identitasnya selaku jurnalis yang sedang bertugas. Namun nahas, kedua jurnalis tersebut justru semakin dianiaya oleh oknum TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo dengan menggunakan pentungan dan kayu balok.

"Ini bentuk pelanggaran dan pelecehan undang-undang, TNI yang seyogyanya merupakan pembela rakyat kini justru merupakan musuh rakyat. Bahkan jurnalis yang telah secara jelas menunjukkan identitasnya malah menjadi bulan-bulanan oleh oknum TNI. Kami tidak akan berhenti sebelum Komandan Lanud Soewondo dicopot," ujar orator aksi, Ryan Juskal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved