Charlie Hebdo Buat Ulah Lagi, Setelah Hina Alan Kurdi, Kini Korban Gempa Italia

Kota Amatrice, Italia yang dilanda gempa hebat bulan lalu, mengambil langkah hukum terhadap majalah satir Charlie Hebdo.

Charlie Hebdo Buat Ulah Lagi, Setelah Hina Alan Kurdi, Kini Korban Gempa Italia
Charlie Hebdo/BBC
Inilah kartun dalam edisi terbaru majalah satir Charlie Hebdo yang mengundang kecaman dari korban gempa di Italia. 

TRIBUN-MEDAN.COM, ROMA - Kota Amatrice, Italia yang dilanda gempa hebat bulan lalu, mengambil langkah hukum terhadap majalah satir Charlie Hebdo.

Dalam edisi terbarunya, majalah tersebut lewat kartunnya menggambarkan para korban gempa sebagai pasta, makanan khas Italia.

Amatrice, tempat tinggal sebagian besar dari 295 korban tewas, menggugat majalah mingguan satir Perancis itu karena dianggap melakukan penghinaan.

Salah satu kartun diberi judul Lasagna, menunjukkan tumpukan puing-puing dengan kaki-kaki berdarah bermunculan dari sela-selanya.

Kota Amatrice, salah satu tempat yang paling parah dilanda gempa berkekuatan 6,2 skala richter pada Agustus lalu memang terkenal dengan santapan spaghetti all'amatriciana.

Kartun kontroversial Charlie Hebdo, yang berjudul 'Gempa gaya Italia' itu, menunjukkan pula seorang pria berlumur darah yang digambarkan sebagai saus tomat penne.

Sementara seorang perempuan yang terluka digambarkan sebagai penne gratinee, dan jasad-jasad yang ditumpuk antara lapisan puing digambarkan sebagai lasagna.

Kantor media satir Perancis itu diserang teroris pada Januari 2015 dan menewaskan 11 orang sehingga mendorong gelombang internasional solidaritas dengan majalah itu.

Namun, kartun Amatrice memicu kemarahan luas di media sosial dan di media massa Italia. Mereka menyebut Charlie Hebdo sebagai tidak sensitif.

Sebagai tanggapan, Charlie Hebdo merilis kartun kedua, dengan judul "Rakyat Italia ... bukan Charlie Hebdo yang membangun rumah-rumahmu, melainkan Mafia!"

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved