Breaking News:

PGI Kampanyekan Perdamaian Antar Agama Melalui Film

"Kami mempercayai bahwa film dapat menjadi media promosi penghargaan atas perbedaan," kata Irma.

Penulis: Hendrik Naipospos | Editor: Liston Damanik
Facebook
Workshop Film Perdamaian di STT Methodist Bandarbaru, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menggelar Festival Film Perdamaian yang diikuti berbagai Universitas di Sumatera Utara yang melibatkan lintas agama, suku, dan kelompok lainnya.

Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (Yakoma PGI), Irma Riana Simanjuntak mengatakan, program festival Film Perdamaian ini merupakan penyelenggaraan kedua. Sebelumnya, pada 2015, Yakoma PGI, telah melaksanakan program ini di Pematangsiantar dengan melibatkan berbagai siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Sumut.

"Kami mempercayai bahwa film dapat menjadi media promosi penghargaan atas perbedaan. Film mampu menciptakan perdamaian antar suku bahkan agama. Ini festival film kedua yang kami laksanakan. Sekarang, festival ini masuk dalam tahap workshop yang kami laksanan di Sekolah Tinggi Theologia (STT) Methodist Bandarbaru, dan selanjutnya akan kami bimbing untuk proses produksi filmnya. Pemenang akan kami umumkan bertepatan dengan hari pahlawan," sebut Irma saat dihubung, Kamis (22/9/2016).

Sebelum laksanakan workshop, Yakoma PGI telah menggelar diskusi bersama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Irma mengundang tokoh agama Hindu, dan Buddha, namun perwakilan agama Hindu dan Buddha berhalangan hadir.

"Sebelum masuk dalam tahap workshop. Kami sudah lakukan pertemuan dengan lembaga keagamaan, dan dihadiri MUI dan UIN Sumut. Perwakilan agama lainnya berhalangan hadir. Saat ini sudah terkumpul delapan ide cerita. Dua ide cerita dari UIN Sumut, satu dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan sisanya dari berbagai universitas lain," Sambungnya.

Yakoma PGI merupakan unit PGI yang mewadahi pengembangan media dan komunikasi. (cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved