Breaking News

Usai Demo dan Dituding Pukul Dosen, 21 Mahasiswa Dipecat Rektorat

Pihak kampus menuduh 21 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan FISIP telah melakukan kekerasan terhadap dosen dan satuan pengaman (satpam).

KOMPAS.com/ Mei Leandha
Para mahasiswa yang dipecat rektor karena berdemo di kampus saat mendatangi KORAK Sumut, Jumat (21/10/2016) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gara-gara berdemonstrasi menuntut fasilitas kampus yang dinilai tidak memadai untuk melaksanakan aktivitas kemahasiswaan, 21 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dipecat.

Mahasiswa itu berasal dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Pihak kampus menuduh mereka telah melakukan kekerasan terhadap dosen dan satuan pengaman (satpam) saat terjadi bentrokan hingga harus mendapat perawatan medis.

Para mahasiswa kemudian mendatangi sekretariat Kontras Sumut, bersama Koalisi Rakyat Anti Kriminalisasi (KORAK) Sumut mereka menuntut rektor UMSU mencabut SK pemecatan tersebut.

Koordinator KORAK Sumut Gumilar Aditya Nugroho mengatakan, pemberhentian sepihak oleh rektorat kampus adalah pembungkaman demokrasi. Pembubaran paksa massa yang tak beralasan adalah bentuk begitu represifnya kampus terhadap mahasiswa.

"Kami akan menuntut rektor mencabut SK pemecatannya. Kita akan dampingi kawan-kawan mahasiswa sampai mereka mendapat keadilan," kata Agum, Jumat (21/10/2016).

Dia bilang, apabila pemecatan dan skorsing sepihak dibiarkan bisa menjadi kebiasaan dan menjadi contoh bagi kampus-kampus lain.

KORAK Sumut akan berkonsolidasi dengan kampus di seluruh Kota Medan untuk mendiskusikan permasalahan ini.

M Ashari, salah satu mahasiswa yang dipecat mengatakan, mereka melakukan aksi di kampus selama tiga hari berturut-turut mulai 13 Oktober 2016 lalu meminta klarifikasi soal penghancuran paksa pondok-pondok tempat mereka biasa berdiskusi.

Merasa dirugikan, menuntut pihak kampus untuk mengembalikan fasilitas sekretariat.

Halaman
123
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved