News Video

Pecat 47 Tentara, Brigjen Tiopan Ingatkan Tentara Jangan Coba-coba Narkoba

"Dari 47 orang prajurit ini, terdapat satu perwira menengah dengan pangkat letnan kolonel," kata Aritonang.

Laporan Wartawan Tribun Medan/Nikson Sihombing

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) memecat 47 orang prajuritnya secara tidak hormat. Pemecatan tersebut diawali dengan sebuah upacara resmi di Lapangan Benteng,  Jalan Pengadilan Medan, Senin (7/11/2016).

Kepala Staf Angkatan Darat, Brigadir Jendral  Tiopan Artionang mengatakan, dari 47 prajurit yang dipecat,  11 diantaranya terkena kasus peyalahgunaan psikotropika.

Baca: Tiga Perwira TNI Ikut Dipecat, Ini Alasannya

Sedangkan 36 lainnya terkena tindak pidana desersi yakni lari dari kesatuan tanpa izin. Pasukan yang dikenakan sanksi pemecatan dengan tidak hormat ini sebelumnya telah menjalani sidang di Mahkamah Militer (Mahmil).

"Dari 47 orang prajurit ini, terdapat satu perwira menengah dengan pangkat letnan kolonel. Dan 2 periwra peratama dengan pangkat kapten dan letnan satu," ujar Brigjen Tiopan pada wartawan yang hadir di upacara tersebut.

Ia menegaskan, total ada tiga orang perwira yang dipecat. Satu orang perwira terlibat kasus psikotropika yaitu narkoba dan dua orang lagi lari dari kesatuan tanpa izin.

Baca: 121 Tentara Berpotensi Dipecat, Mayoritas Pengguna Narkoba

Tiopan Artionang juga menghimbau bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Darat agar tidak pernah terlibat narkoba. Ia bahkan menegaskan, jangan pernah coba-coba.

"Juga saya sampaikan tadi kepada komandan satuan TNI AD untuk bertanggungjawab mengamankan para prajuritnya, keluarganya dan PNS-nya. Supaya mereka tidak pernah main-main dengan narkoba," tegasnya.(nik/tribun-medan.com)  

Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved