News Video

Pakaian dan Baret Praka Alosius Purba Dilucuti di Lapangan Benteng

Setelah resmi diberhentikan secara tidak hormat, maka statusnya menjadi warga sipil. Ia juga akan langsung menjalani tahanan di penjara sipil.

Laporan Wartawan Tribun Medan/Nikson Sihombing

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Sebanyak 47 orang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dipecat secara tidak hormat.

Upacara pemberhentian prajurit dilakukan di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan, Senin (7/11/2016)

Upacara dipimpin oleh Brigadir Jendral Tiopan Artionang yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca: Ini Identitas 47 Tentara yang Dipecat Tidak Hormat

Upacara pemecatan 47 anggota TNI dilakukan secara simbolis yaitu, diwakilkan oleh seorang prajurit yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba, yakni Praka Agus Alosius Purba.

Sebagai tanda pemberhentian, baju dan baret yang dipakai Purba dilucuti saat upacara. Kemudian diganti dengan menggunakan baju batik dengan lengan panjang.

Setelah resmi diberhentikan secara tidak hormat, maka statusnya menjadi warga sipil. Ia juga akan langsung menjalani tahanan di penjara sipil.

"Saya selaku keluarga besar Bukit Barisan dan secara pribadi tidak menghendaki dilaksanakannya upacara pemecatan ini. Namun demi tegaknya hukum, maka pemecatan harus dilaksanakan," ujar Panglima Kodam I/BB yang diwakilkan oleh (Brigjend) TNI Tiopan Artionang yang memimpin upacara. 

Baca: Tiga Perwira TNI Ikut Dipecat, Ini Alasannya

Dalam pidato Pangdam menjelaskan, pemecatan merupakan wujud keseriusan Kodam I/BB dalam menegakkan hukum secara tegas dan tanpa pandang bulu.  Juga disampaikan bahwa tidak ada satupun prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD yang kebal terhadap hukum. 

"Hukuman ini diberikan sebagai efek jera bagi prajurit yang bersangkutan. Dan menjadi pelajaran bagi seluruh prajurit dan PNS Bukit Barisan," tegas Tiopan. (nik/tribun-medan.com) 

Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved