Baca Selengkapnya di Tribun Medan

Warga Sicanang Kesulitan Air Bersih

Peledakan bom sebabkan sumur bor Tirtanadi pecah. Bolak-balik mengadu ke DPRD Medan.

Warga Sicanang Kesulitan Air Bersih
www.shutterstock.com
Ilustrasi air bersih 

MEDAN, TRIBUN - Paulina Marpaung (35) mengaku sudah cukup lama berjuang agar aliran air bersih mengalir ke rumahnya.

Warga Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan ini mengaku, pascapeledakan bom seismik oleh Pertamina di kawasan Sicanang pada April 2014 lalu, banyak keluarga tidak lagi mendapatkan pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi.

Menurut Paulina, peledakan bom yang dilakukan untuk meneliti kandungan minyak bumi tersebut mengakibatkan pecahnya sumur bor PDAM Tirtanadi.

"Kami selaku warga sudah bolak-balik ke PDAM di Belawan, mengadukan air yang tidak jalan-jalan. Kondisi itu sampai sekarang kita alami. Kita kecewa juga dengar keterangan PDAM yang katanya mau dicek dulu. Padahal kejadian sudah lama," katanya mewakili warga Sicanang yang terkena dampak bom seismik di Gedung DPRD Medan, Rabu (9/11).

Baca: Dirut PDAM Tirtanadi: Cakupan Air Bersih 80 Persen pada 2019

Bahkan, demi merasakan kembali aliran air bersih masuk ke rumahnya, Paulina dan beberapa warga tak bosan melaporkan ini PDAM Tirtanandi.

"Air yang didistribusikan ke rumah-rumah warga sudah tidak berjalan lagi, pascaperistiwa pengeboman oleh Pertamina. Kami sudah dua tahun tak dialiri air dari PDAM," ujarnya kesal.

Belakangan diketahui aduan warga Sicanang terkait hal ini telah berulang kali masuk ke Komisi D DPRD Medan.

Penuturan Ketua Komisi D, Sabar Syamsurya Sitepu menjelaskan, mereka juga telah berkali-kali melakukan koordinasi dengan PDAM Tirtanadi untuk segera mengambil tindakan. Bahkan, sebelumnya, kata Sabar, Komisi D telah melalukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan warga.

"Kawan-kawan (Komisi D) sudah mau keluarkan hak inisatif mengalihkan pengelolaan PDAM ke Pemko Medan.

Saya heran PDAM ini kenapa, pipa besar sudah ada dari pusat, lalu dilanjutkan pemko tapi mana tindakan PDAM," katanya di gedung dewan.

Halaman
12
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved