Perdana, Ikatan Mahasiswa Administrasi Negara dan Administrasi Bisnis Gelar MTQ Bareng

Acara digelar selama dua hari, yakni pada 17-18 November 2016. Acara dibuka langsung oleh Dekan FISIP USU, Muryanto Amin.

Tribun-Medan.com/ Hendrik Fernandes
Satu di antara peserta MTQ membacakan Al Quran di Kompleks Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (17/11/2016). (Tribun-Medan.com/ Hendrik Fernandes) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara (IMDIAN) dan Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (Improdias) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Kompleks Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU).

Acara digelar selama dua hari, yakni pada 17-18 November 2016. Acara dibuka langsung oleh Dekan FISIP USU, Muryanto Amin.

Kepada para peserta, Muryanto Amin meminta acara ini tak sekadar rutinitas dari ikatan mahasiswa departemen, melainkan turut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Pertuni Sumut Pernah Kirimkan Dua Wakilnya Ikuti MTQ Nasional

"Jangan hanya sekadar progja (Program Kerja). Isi kandungan Al Quran harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam kegiatan akademis di FISIP USU," kata Muryanto saat membuka MTQ di FISIP USU, Kamis (17/11/2016).

Acara pembukaan juga turut dimeriahkan pembacaan Suroh An Naba oleh TK Al Furqon Setia Budi Medan.

Ketua Panitia MTQ Fisip USU, Munawir Pamaun menyebutkan, bahwa MTQ ini merupakan penyelenggaraan pertama yang melibatkan dua departemen. Ia menjelaskan bahwa biasanya MTQ dilaksanakan oleh masing-masing departemen.

"Ini program kerja Divisi Rohani Islam IMDIAN dan Improdias. Ini yang pertama, sebelumnya hanya per departemen," jelas Munawir.

MTQ ini disemarakkan dengan sembilan perlombaan yang terbagi dalam dua kategori.

Pertama kategori musabaqah yang melombakan Tilawah Quran, Tartil Quran, Hifdzil Quran, Syarhil Quran, Kaligrafi Quran, dan Kreasi Mading Quran. Untuk kategori hiburan yakni perlombaan Puisi Quran, Pop Song Islami, dan Busana Muslimah.

"Ada sembilan lomba. Para peserta adalah mahasiswa FISIP USU. Untuk hari pertama itu Tilawah, Tartil Quran, Kreasi Mading dan Pop Song. Sisanya dilanjut pada hari kedua," sambungnya.

Tim juri dihadirkan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) USU. Di antaranya yakni Yus Amri Lubis, Muhammad Rizky Dermawan Rokan, dan Siti Nurjannah.

(cr2/tribun-medan.com)

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved