News Video

Inilah Harapan Penganut Kepercayaan Parmalim Terhadap Kebhinnekaan Indonesia

Doa bersama yang disebut dengan mar ari Sabtu yang dilaksanakan di dalam rumah parsaktian tersebut, dipimpin Sabar Simanjuntak,

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi

TRIBUN-MEDAN.com, LAGUBOTI - Penganut Kepercaayan Parmalim yang bermukim di Huta Tinggi, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir turut menyerukan kiranya semangat kebhinekaan yang ada di Indonesia jangan pernah ditinggalkan.

Untuk hal ini, Penganut Kepercaayan Parmalim yang saat ini berjumlah 5 ribuan orang per 2015 ini melakukan doa bersama dari desa kecilnya di Huta Tinggi dengan bertajuk doa dari pelosok supaya semangat Kebhinnekaan ini tetap terjaga.

Doa bersama yang disebut dengan mar ari Sabtu yang dilaksanakan di dalam rumah parsaktian tersebut, dipimpin Sabar Simanjuntak, selaku Ulu Punguan atau pimpinan kelompok Penganut Kepercayaan Parmalim dan berlangsung lebih satu jam.

Usai menggelar doa bersama, Sabar Simanjuntak mengungkapkan, mar ari Sabtu sebagai rutinitas mingguan yang mereka lakukan, sengaja menjadi momen bagi pengikut Parmalim untuk turut menyampaikan keprihatinan atas kondisi bangsa Indonesia yang terancam pecah.

"Terus terang, kami juga kecewa dengan kondisi bangsa kita saat ini yang terus diliputi konflik" ucap Sabar.

Karena itu, lanjutnya, kelompok Parmalim berharap kepada pemimpin bangsa untuk segera menyudahi segala permasalahan yang ada dan menuntaskan segala hal yang berkaitan dengan proses hukum.

"Kami mungkin berada di pelosok dan berkomunitas kecil, tapi sebagai anak bangsa, kami berharap, doa bersama yang kami gelar ini dapat menjadi penyemangat bagi seluruh rakyat untuk bersama-sama bertekad menjaga keamanan dan ketertiban negara, tidak terpecah belah" ujarnya.

Lebih jauh Sabar juga berharap pemerintah lebih bijak dalam mengatasi situasi ini, agar seluruh cobaan yang sedang melanda Indonesia secepatnya berakhir.

(ryd/tribun-medan.com)

Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved