Fidel Castro Meninggal Dunia Usai Lolos dari 634 Upaya Pembunuhan

Tokoh Revolusi Kuba, Fidel Castro tutup usia setelah beratus kali gagal dari usaha pembunuhan yang dilancarkan oleh pihak asing

BBC.com
Fidel Castro 

TRIBUN-MEDAN.com - Tokoh Revolusi Kuba, Fidel Castro tutup usia setelah beratus kali gagal dari usaha pembunuhan yang dilancarkan oleh pihak asing terutama Amerika Serikat.

Berita pemimpin dunia itu diumumkan pada Jumat (25/11) malam oleh adiknya, Raul Castro melalui televisi.

Revolusioner legendaris asli Kuba yang pernah hampir saja memicu perang nuklir itu telah memimpin selama hampir setengah abad.

Perang nuklir tersebut nyaris terjadi pada tahun 1962 setelah Uni Soviet menempatkan hulu ledak nuklir di Kuba dan diarahkan ke Amerika Serikat.

fidel_castro
Fidel Castro 

Baca: Kisah Perempuan Cantik Disuruh CIA, Bukannya Bunuh Fidel Castro Malah Jatuh Cinta

Ancaman keamanan dunia tersebut akhirnya dapat diselesaikan lewat perundingan alot antara Presiden AS saat itu, John F. Kennedy dengan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev.

Kepemimpinan Fidel Castro dianggap membahayakan kepentingan AS, makanya berbagai taktik untuk melenyapkannya kerap dilakukan.

Sebelumnya, dia mengaku pernah selamat dari 634 kali upaya pembunuhan. Dilansir dari Dailymail, Sabtu (27/11).  

Marita Lorenz dan Fidel Castro
Marita Lorenz dan Fidel Castro

Baca: Fidel Castro Bercanda Soal Kematian di Usia Menjelang 90 Tahun

Sebagai revolusioner sejati yang menganut paham sosial dan menentang liberalisme, tentu banyak pihak yang ingin menjatuhkannya.

Terutama negara adidaya yang pernah memandangnya sebagai musuh. Tidak heran ratusan kali ada upaya pembunuhan terhadapnya.

Sepuluh hari sebelumnya, Fidel memegang potret dirinya ketika masih muda.

Potret tersebut dipegangnya bersama Presiden Vietnam, Tran Dai Quang yang sedang berkunjung ke Kuba. Itu merupakan foto terakhirnya sebelum dia tutup usia.

Fidel Castro yang berkuasa di negara ini sejak revolusi 1959 dan mengubah negeri ini menjadi komunis semasa lima dekade berkuasa di Kuba. 

Fidel Castro11
Fidel Castro

Fidel Castro

Baca: Humor Gus Dur, Cafe La Habana, dan Guantanamera

Berikut adalah fakta-fakta Fidel Castro:

- Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan merupakan kepala negara ketiga terlama di dunia yang berkuasa setelah Ratu Elizabeth dari Inggris dan Raja Thailand.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved