Uji Coba Kereta Api Barang KEK Sei Mangkei Dimulai

"Untuk tahap awal uji operasi, lintas Sei Mangkei-Belawan akan dilayani oleh satu KA dengan kapasitas angkut maksimum 30 TEUs," jelas Wibowo.

Uji Coba Kereta Api Barang KEK Sei Mangkei Dimulai
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Perwakilan Pelindo I, PT PTN III, Kementerian industri dan juga pemerintahan saat temu pers ujicoba kereta api kemas di Pelabuhan KEK Sei Mangkei, Senin (5/12/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan ujicoba operasional Kereta Api (KA) peti kemas dari KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan, Senin (5/12/2016).

Direktur Komersial dan TI PT KAI, M. Kuncoro Wibowo, saat temu pers, mengatakan, ujicoba yang dilakukan
berupa satu rangkaian yang terdiri dari satu unit lokomotif CC201 dan 11 gerbong datar 22 TEUs dengan jarak tempuh 139 km dan waktu tempuh 256 menit.

"Pembangunan jaringan rel kereta api (KA) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur penting yang telah selesai dikerjakan oleh Pemerintah saat ini," ujarnya.

Baca: Investor Hongkong Berminat Bikin Pabrik Mainan di Sei Mangkei

Ia menjelaskan, adapun jalur rel tersebut menghubungkan KEK Sei Mangkei ke jalur KA eksisting di Stasiun Perlanaan–Medan–Belawan.

"Untuk tahap awal uji operasi, lintas Sei Mangkei-Belawan akan dilayani oleh satu KA dengan kapasitas angkut maksimum 30 TEUs," jelasnya.

Ia menerangkan, beroperasinya kereta api tersebut dapat mendorong kelancaran arus distribusi barang khususnya angkutan logistik. Yang pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, khususnya wilayah Sumatera. (pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved