Pakar Hukum: Hefrianysah Otomatis Gantikan Hulman Sitorus

Sebelum menggantikan Hulman Sitorus, maka Henfriansyah akan mengikuti mekanisme yang sudah ada.

Int
Foto kampanye Hulman-Hefriansyah 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com,PEMATANGSIANTAR-Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Sumatera Utara Mirza Nasution menjelaskan bahwa status Hulman Sitorus sebagai Wali Kota Pematangsiantar akan digantikan secara otomatis oleh pasangannya di Pilkada, Hefriasyah.

"Sesuai ketentuan peraturan kan keduanya dipilih bersama-sama, baik Wali Kotanya maupun Wakilnya. Nah, jika Wali Kota nya berhalangan tetap tentu yang menggantikannya kan wakilnya," ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis Sore (8/12/2016).

Baca: Menangis saat Melayat, JR Saragih Sebut Kemenangan Hulman Tidak Sia-Sia

Ia menuturkan, sebelum menggantikan Hulman Sitorus, maka Henfriansyah akan mengikuti mekanisme yang sudah ada.

"Nanti Hefriansyah akan dilantik dulu sebagai wakil. Kemudian setelah memenuhi persyaratan di Mendagri, maka dia akan kembali dilantik sebagai Wali Kota sebagai pengganti Hulman," ujarnya.

Kata Mirza untuk pengganti dari Hefriansyah nantinya sebagai Wakil Wali Kota, partai pengusung yang berhak mengajukannya.

"Wakilnya nanti partai pengusung yang mengusulkan siapa, tapi sebelum ini dilakukan, tentu kan masih ada proses yang harus diikuti, salah satunya proses sengketa pilkada yang masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi mengahsilkan keputusan bahwa Pilkada Pemtangsiantar tidak bermasalah," ujarnya.(ryd/tribun-medan.com)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved