Baca Edisi Cetak Tribun Medan

Aturan Baru Pelabuhan, Tanpa Tiket Penumpang Tak Bisa Masuk Terminal

Menyambut libur Hari Natal dan Tahun Baru, Pelindo 1 sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang.

Aturan Baru Pelabuhan, Tanpa Tiket Penumpang Tak Bisa Masuk Terminal
Tribun Medan/Abul Muamar
Para pemudik mengantre untuk masuk ke dalam terminal Pelabuhan Belawan. 

MEDAN, TRIBUN- Arus mudik memang belum terlihat jelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2017. Namun, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) sudah melakukan persiapan dini, sekaligus memantau kesiapan delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan milik Pelindo 1.

Pelabuhan tersebut, yakni Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang dan Sei Kolak Kijang.

Ada beberapa kebijakan pelayanan penumpang yang diterapkan seperti, tidak akan melayani penjualan tiket dan pas pelabuhan di terminal, tidak mengizinkan penumpang tanpa tiket masuk ke ruang terminal, dan penyediaan fasilitas embarkasi dan debarkasi.

"Kunjungan kapal penumpang juga akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, jika ada kunjungan kapal secara bersamaan," ujar ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami kepada Tribun, Senin ( 19/12/2016).

Baca: Satu Anggota Otoritas Pelabuhan Belawan jadi Tersangka

Dijelaskannya, Pelindo 1 juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1.

"Terminal Penumpang Bandar Deli saat ini sudah dilengkapi dengan dua unit garbarata, yang akan memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya," ungkapnya.

Pihaknya, lanjut Fiona, memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak regulator (OP/KSOP, Syahbandar dan pihak keamanan di pelabuhan). Ada pun batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal, sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi tindakan kriminal dalam rangka mewujudkan zero accident, berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari.

Ia menambahkan, Pelindo I siap memberikan proritas sandar bagi kapal penumpang, hewan ternak, kebutuhan pokok dan BBM, menyediakan sarana/peralatan khusus dan pelayanan seawal mungkin untuk penyandang disabilitas dan meningkatkan pengawasan terhadap bahaya terorisme dan penyalahgunaan narkoba.

Saat ini sudah terbentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan, yang merupakan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan.

Tim monitoring dan pelayanan Angkutan Natal dan tahun Baru 2017 ini bertugas mulai tanggal 18 Desember 2016 sd 09 Januari 2017.(raj)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved