Ini Keindahan Lembah Anai, Objek Wisata di Tepi Jalan Padang-Bukittinggi

Air Terjun Lembah Anai merupakan objek wisata alam yang patut disinggahi oleh para pengendara bila melintasi Jalan Padang-Bukittinggi.

Ini Keindahan Lembah Anai, Objek Wisata di Tepi Jalan Padang-Bukittinggi
Tribun Medan / Nanda
Sejumlah pengunjung berfoto ria di Air Terjun Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Selasa (20/12/2016). (Tribun Medan / Nanda) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Air Terjun Lembah Anai merupakan objek wisata alam yang patut disinggahi oleh para pengendara bila melintasi Jalan Padang-Bukittinggi.

Suasana alamnya sejuk, airnya dingin dan berada persis di tepi jalan membuat objek wisata ini cocok dijadikan tempat melepas penat bagi para pengendara yang telah menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

"Nyaman saja tempatnya, lagi pula kan dekat dari jalan raya, jadi gampang diakses," ujar seorang pelancong asal Jambi, Rianisa, Selasa (20/12/2016).

Air Terjun Lembah Anai terletak di kawasan pegunungan Cagar Alam Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 60 meter dan terdapat banyak bebatuan di bawahnya.

Baca: Setelah di Siantar dan Padangsidimpuan, LOOP Musik Digelar di Medan

Air terjun ini merupakan bagian dari aliran sungai Batang Lurah yang berhulu di Gunung Singgalang.

Di seberang air terjun ini terdapat rel kereta api tua yang kini tidak lagi difungsikan. Di sekitar lokasi juga banyak dijumpai monyet liar. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan sinar cahaya matahari yang menembus gumpalan kabut, sehingga menambah indah panorama di sekitar air terjun.

Untuk memasuki lokasi air terjun, pengunjung akan dikenakan retribusi senilai Rp.1.500 per orang.

"Lagi pula tarif masuknya murah, sayang lah kalau tidak singgah," kata Rianisa.

Menurut soerang pedagang makanan ringan di sekitar lokasi air terjun, Ramli, Air Terjun Lembah Anai merupakan satu dari tujuh air terjun yang ada di Cagar Alam Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai lebih terkenal karena mudah diakses, sedangkan enam air terjun lainnya terletak di dalam kawasan hutan cagar alam. Butuh waktu sekitar dua jam untuk menuju beberapa air terjun lainnya. Namun demikian, keindahan air terjun-air terjun tersebut juga tidak kalah dibanding Air Terjun Lembah Anai.

Kata Ramli, Air Terjun Lembah Anai memiliki keistimewaan tersendiri. Katanya, air terjun ini tak pernah kering meski di musim kemarau.

"Rata-rata yang ke sini itu pengendara yang melintas, jadi kebanyakan dari luar kota," ujar Ramli.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved