Breaking News:

Masalah Mobil Paling Sering Muncul Saat Liburan

jika pengecekan dilakukan sebelum perjalanan, bukan tidak mungkin bisa meminimalkan risiko.

Kompas.com/ Zulkifli
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA-Kerusakan atau gangguan mobil saat musim liburan yang dialami di tengah jalan, tidak hanya terjadi pada satu atau dua mobil, tapi lebih dari itu. Selain karena kelalaian dalam persiapan, tapi juga karena faktor lainnya, seperti cara berkendara.

Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang yang juga koordinator posko siaga Toyota KM 57 Cikampek mengatakan, ada beberapa masalah langganan yang kerap dialami pemilik mobil saat berkunjung ke posko siaga. 

“Masalah yang paling sering ditemui di posko adalah kopling slip, AC kurang dingin, radiator bocor, kipas tidak berputar, kanvas rem sudah tipis, bahkan ada yang sepatu rem copot. Karena tidak semua pemiliki mobil sadar, untuk melakukan persiapan mobil sebelum melakukan perjalanan,”ujar Indah kepada KompasOtomotif, Sabtu (31/12/2016).

Indah menambahkan, jika pengecekan dilakukan sebelum perjalanan, bukan tidak mungkin bisa meminimalkan risiko. Karena ketika dicek, akan diperiksa kondisi semua komponen, apakah ada indikasi usia kompoenen yang harus diganti.

Selain karena kelalaian dalam perawatan berkala dan pemeriksaan saat akan bepergian, masalah juga bisa terjadi karena perilaku berkendara. Terutama saat ketika menghadapi jalan yang macet, dengan menahan setengah kopling untuk mobil manual.

“Seharusnya ketika macet dan biasanya berhenti, transmisi dinetralkan kemudian gunakan rem tangan. Karena tidak akan terasa ketika menggunakan teknik setengah kopling akan membuat kopling itu terbakar,” tutur Indah.
(Kompas.com/Ghulam Muhammad Nayazri)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved