Breaking News:

Menkominfo Rudiantara Juga Turut Tanggapi 'Tweet' SBY Soal Berita Hoax

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, penyebaran hoax atau informasi palsu di internet

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan program kerja Kemenkominfo saat mengunjung kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Kamis (17/3/2016). 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, penyebaran hoax atau informasi palsu di internet sudah menjadi perhatian semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Rudiantara menanggapi kicauan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut juru fitnah dan penyebar hoax berkuasa dan merajalela.

"Ya pasti menjadi concern semua orang. Kami bahkan sudah pernah rapat di sini bersama Presiden. Memang dunia media sosial ini banyak dikotori hoax," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Pemerintah, lanjut dia, sudah jauh-jauh hari menyadari mengenai bahaya hoax ini. Bahkan, pemerintah sudah melakukan berbagai langkah untuk mencegah berkembangnya hoax ini.

"Pemerintah sudah menyatakan sejak kapan, ratas (rapat terbatas) jauh-jauh hari (mengenai hoax)," ucapnya.

Pada akhir bulan ini, lanjut Rudiantara, pemerintah akan bertemu dengan perwakilan dari media sosial Facebook.

Pemerintah dan Facebook akan membahas mengenai peredaran hoax di platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia itu.

Pemerintah juga berupaya mengajak masyarakat untuk memerangi hoax.

Ia mencontohkan bahwa saat ini, berdasarkan inisiatif masyarakat, sudah terbentuk situs web, seperti www.turnbackhoax.id, yang bisa mendeteksi kebenaran informasi.

"Di situ ada mana yang hoax, mana yang enggak. Bagus kok itu," katanya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved