Hebat . . Mahasiswa FEBI UINSU Digandeng OJK Perkuat Literasi Keuangan Sumut

Kepala OJK KR 5, Lukdir Gultom mengatakan, tiga program ini dipersiapkan bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumut.

Hebat . .  Mahasiswa FEBI UINSU Digandeng OJK Perkuat Literasi Keuangan Sumut
OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

MEDAN, TRIBUN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mempersiapkan tiga program demi memperkuat literasi keuangan.

Kepala OJK KR 5, Lukdir Gultom mengatakan, tiga program ini dipersiapkan bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU).

"Tiga program tersebut yaitu pelaksanan Training for Trainers Inklusi Keuangan bagi Mahasiswa yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pelaksanaan kuliah Umum rutin bulanan mengenai update isu industri jasa keuangan, dan magang mahasiswa di OJK KR5 Sumbagut," ujarnya, Kamis (23/2).

Ia menerangkan, perlunya keterlibatkan mahasiswa sebagai agen edukasi dan literasi kepada masyarakat Sumut mengingat eksistensi mahasiswa dinilai lebih dekat dengan masyarakat.

"Eksistensi mahasiswa tersebut sehingga penyampaian informasi positif terkait layanan jasa keuangan diyakini akan semakin baik dan tepat sasaran dengan bahasa dan gaya penyampaian yang adaptif," terangnya.

Ia menjelaskan, Indeks Literasi Keuangan di Sumut menurut hasil survei tahun 2016 sebesar 32,36 persen atau lebih rendah dibandingkan Provinsi Aceh sebesar 32,73 persen, dan Kepulauan Riau sebesar 37,09 persen.

"Namun demikiam, Indeks Inklusi Keuangan di Sumut merupakan yang terbaik dengan indeks sebesar 75,27 persen atau lebih tinggi dibandingkan dengan Kepulauan Riau sebesar 74,55 persen bahkan lebih baik daripada Jawa Barat sebesar 68,31 persen, Jawa Tengah sebesar 66,23 persen, dan Jawa Timur sebesar 73,25 persen," jelasnya.

Ia berharap, agar sinergi dengan pihak universitas dapat diperluas lagi dengan melibatkan beberapa universitas lain di Kota Medan baik negeri maupun swasta. Sehingga peran dan sinergitas dunia akademik dengan OJK menciptakan Sumut yang Inklusif kian optimal. (pra)

Editor: Feriansyah Nasution
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved