Ashari Tambunan Menang pada Sidang Banding Lawan Bekas Calon Kepala Desa

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan memenangkan banding Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan melawan tiga orang mantan Calon Kepala Desa.

Ashari Tambunan Menang pada Sidang Banding Lawan Bekas Calon Kepala Desa
Tribun Medan / Indra
Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan memenangkan banding Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan melawan tiga orang mantan Calon Kepala Desa.

Yakni terkait perkara Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa Perdamean, Tanjung Morawa, Toni Hasudungan Sitorus.

Tiga orang mantan Cakades yang melakukan gugatan awal yakni Saleh Arifin Siregar, Nurhaiddin Sumparatman Tambunan dan Gito.

Baca: Petugas Pemadam Dorong Mobil Damkar Pemkab Deliserdang

Baca: Tak Satupun Anggota Komisi D DPRD Deliserdang Hadir di RDP

Kabag Hukum Pemkab Deliserdang, Edwin Nasution mengakui Bupati Ashari telah menang ditingkat banding. Ia menyebut mengetahui informasi pertama kali dari pihak Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

“Informasi yang saya dapatkan di PTUN memang banding Bupati diterima. Putusan PT TUN ini katanya udah turun di PTUN. Saya dapat informasinya itu semalam sore. Saat ini Pemkab masih menunggu salinan putusan banding ini sajalah,” ujar Edwin Rabu, (15/3/2017).

Gugatan ketiga orang mantan Cakades Perdamean ini pada November 2016 sempat dikabulkan oleh PTUN Medan.

Diketahui kalau Pengadilan memutuskan agar Surat keputusan (SK) Bupati Delisedang nomor 1047 tahun 2016 tertanggal 18 Mei 2016 tentang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa terpilih, Toni Hasudungan Sitorus dibatalkan.

Beberapa orang mantan Cakades di Kabupaten Deliserdang sempat mengajukan gugatan ke PTUN Medan terkait Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa oleh Bupati.

Para penggugat menganggap banyak menilai kalau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2016 penuh dengan kecurangan.

Namun diketahui dari beberapa Cakades yang menggugat ke PTUN hanya Cakades asal Desa Perdamean ini saja yang sempat menang di tingkat peradilan pertama.

Untuk yang lainnya Bupati Ashari Tambunan langsung dimenangkan.

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved