Breaking News:

Sumut Berkontribusi Besar Ekspor Hasil Kelapa Sawit

Dijelaskannya, hasil dari Sumatera Utara dapat mencapai 4 juta kilo liter. Hal tersebut dari hasil hulu hingga ke hilir.

WWF/J Morgan
Indonesia adalah negara pemasok minyak sawit terbesar dunia. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-NEDAN.COM, MEDAN - Sekretaris Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Timbas Ginting mengatakan sejauh ini Sumut cukup berkontribusi besar untuk hasil kelapa sawit Indonesia.

Walaupun masih di bawah daerah Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan.

"Di Sumut ada sekitar 1,2 juta hektare, jadi sangat berkontribusi. Memang kita masih kalah sama Riau, di sana ada 3 juta hektare lahan kelapa sawit," katanya Kamis (16/3/2017).

Baca: Tambah Negara Tujuan Ekspor, Kelapa Sawit Indonesia Makin Diminati

Baca: Indonesia Perkuat Citra Sawit di Eropa

Dijelaskannya, hasil dari Sumatera Utara dapat mencapai 4 juta kilo liter. Hal tersebut dari hasil hulu hingga ke hilir. Sedangkan presentase secara besar, lanjutnya, sekitar 60 persen lahan di Sumut dihandle oleh petani dan 40 persen dipegang oleh pengusaha.

Dikatakannya, pihaknya tetap mendorong pemerintah, agar tetap mengembangkan pasar kelapa sawit. Diakuinya, hal itu telah dilakukan pemerintah, dengan bertambahnya pasar baru di kawasan Asia. Pihaknya pun tetap yakin, pada tahun 2017 ini, pasar baru di beberapa kawasan timur tengah bisa bertambah.

Melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor Indonesia mengalami peningkatan. Hal tersebut pun mengakibatkan neraca perdagangan pada Februari 2017 surplus sebesar 1,32 miliar US Dolar. Salah satu yang menarik peningkatannya ialah kelapa sawit.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved