Ini Tips dari Polisi untuk Orangtua, Agar Anak Terhindar dari Penculikan

Menanggapi maraknya pencurian anak yang viral di media sosial, Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu angkat bicara. Pasalnya fenomena ini juga meresah

Ini Tips dari Polisi untuk Orangtua, Agar Anak Terhindar dari Penculikan
Tribun Medan/M Azhari Tanjung
Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu saat patroli keliling, Senin (29/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Joseph Wesly Ginting

TRIBUN-MEDAN.COM, BINJAI - Menanggapi maraknya pencurian anak yang viral di media sosial, Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu angkat bicara. Pasalnya fenomena ini juga meresahkan warga Binjai.

"Kami dari kepolisian resort binjai menyampaikan kepada masyarakat berkaitan maraknya berita tentang penculikan anak, agar tidak menjadi resah yang berlebihan namun tetap mewaspadainya dan melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi berkembangnya informasi tersebut," ujarnya saat berbincang bersama jurnalis di warkop jurnalis, Binjai, Kamis (23/3/2017).

Dia mengatakan, ada beberapa tips yang harus diajarkan kepada anak untuk mengatisipasi hal-hal negatif terhadap anak agar terhindar dari penculikan.

Baca: Solidaritas untuk Petani Kendeng, FMN Ikut Lakukan Cor Kaki di Medan

Baca: Polisi dan 20 Orang Membentuk Komunitas Korban Kecelakaan Lakalantas, Ternyata Ini Tujuannya

"Kita harus mengajarkan kepada anak tentang cara menolak secara halus ajakan atau tawaran terhadap orang yang tidak dikenal. Ajarkan juga kepada anak kebiasaan untuk meminta izin kepada orangtua ataupun guru saat akan pergi atau ada keperluan. Serta ajarkan anak untuk menghindar atau lari dari orang yang mencoba berbuat sesuatu yang tidak baik pada anak ataupun berteriak dan mencari pertolongan ," kata mantan Kaden Gegana Gorontalo tersebut.

Menurutnya para orangtua juga harus tingkatkan pengawasan saat membawa anak ketempat keramaian. Serta ajarkan anak untuk menghubungi petugas keamanan baik Satpam atau polisi bila terpisah saat berada di tempat keramaian.

"Jangan lupa ajari anak mengenali nama orangtua serta anggota keluarga lainnya dan menghapalkan nomor telepon yang harus dihubungi bila terpisah dari keluarganya," tambahnya.

Penulis: Joseph Wesly Ginting
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved