Kesehatan

Tahukah Anda? Minum Kopi Itu Sebaiknya Segini Takarannya per Hari

Ketua Prodi Magister FKM USU, Etti Sudaryati mengatakan kopi memang memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi.

Tahukah Anda? Minum Kopi Itu Sebaiknya Segini Takarannya per Hari
INTERNET
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Elvira Lieshanty Febryza

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kopi menjadi minuman yang digemari oleh pria dan wanita masa kini. Minuman ini konon bisa mengurangi rasa kantuk.

Seringkali orang berpikir kopi adalah minuman yang sehat dan dapat menghindarkan dari risiko penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh.

Namun, apa sebenarnya kandungan yang ada di dalam kopi sehingga stigma masyarakat mengenai kopi itu adalah minuman sehat.

Ahli Gizi Kesehatan Masyarakat sekaligus Ketua Program Studi Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Etti Sudaryati mengatakan kopi memang memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi.

Baca: Ternyata Ini Penyebab Ratusan Tenaga Honorer RSUD Deliserdang Belum Juga Gajian

Baca: Lagi, Aksi Nyentrik Menteri Susi, Naik di Bak Mobil Polisi sambil Seruput Kopi, Ini Foto-fotonya

“Sedikit gambaran apabila terdapat 100 gram kopi, maka kopi itu mengandung energi sebesar 352 kilokalori, protein 17.4 gram, karbohidrat 69 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 296 miligram, fosfor 368 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu di dalam Kopi juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram,” jelasnya, Senin (27/3/2017).

Ia menambahkan, dalam kopi juga terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5 persen.

“Kandungannya sangat banyak dan bagus. Namun, segelas minuman kopi yang kita minum itu biasanya hanya berkisar tiga sampai lima gram saja. Berarti berdasarkan gambaran tersebut dapat kita hitung sedikit sekali kandungannya. Sedangkan, Kafein dengan dosis rendah dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina,”paparnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved