Breaking News:

Ujian Nasional

Beginilah Resep SMK agar Tenang Hadapi Pelaksanaan UNBK untuk Kali Pertama

"Sebelum melaksanakan UNBK ini, kami juga sudah mengadakan simulasi sebanyak dua kali pada bulan Februari dan Maret, serta melaksanakan try-out UNBK"

(Tribun?Medan.com/Victory Arrival Hutauruk)
Lapangan Sunyi – Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) berlangsung di sekolah Yayasan Perguruan SMK Gajah Mada Kota MEdan, Rabu (5/4/2017). (Tribun?Medan.com/Victory Arrival Hutauruk) 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di sekolah milik Yayasan Perguruan Gajah Mada Jalan Bunga Kenanga Padang Bulan Medan, secara umum berjalan lancar dan tanpa kendala. Padahal, inilah kali pertama diselenggarakan UNBK di sekolah tersebut.

"Kendala sebenarnya tidak ada karena sub-rayon kami, SMK Negeri 10 Medan itu memang benar-benar membimbing kami dengan simulasi dan praktik langsung yang dilakukan pada awal bulan Maret oleh kepala sekolah, teknisi, dan proktor (petugas pengawas, red) selama satu bulan," kata Kepala sekolah SMK Gajah Mada Medan Siti Khomariah kepada Tribun- Medan.com, Rabu (5/4/2017).

Walaupun baru kali pertama UNBK diadakan di sekolahnya, siswa mampu untuk mengoperasikan komputer secara baik saat UNBK berlangsung. 

Lalu, apa resep rahasianya?

"Sebelum melaksanakan UNBK ini, kami juga sudah mengadakan simulasi sebanyak dua kali pada bulan Februari dan Maret, serta melaksanakan try-out UNBK untuk para siswa pada bulan Maret lalu. Ini berguna untuk melatih para siswa terbiasa menggunakan komputer untuk UNBK," ujar Siti.

Siti mengatakan, UNBK berguna Melatih kejujuran kerena sistem ujian ini tidak memungkinkan kecurangan itu tidak bisa dilakukan.

Para siswa SMA Negeri 1 Medan saat diwawancarai usai ujian Bahasa Indonesia dalam UNBK, Senin (4/4/2016).
Para siswa SMA Negeri 1 Medan saat diwawancarai usai ujian Bahasa Indonesia dalam UNBK, Senin (4/4/2016). (Tribun Medan/ Abul Muamar)

Baca: Hari Kedua, Komisi E Turun Langsung Melihat Pelaksanaan UNBK

Baca: NEWSVIDEO: Suasana Hari Pertama UNBK di SMK Negeri 10

Baca: Alamak Perdana UNBK, Siswa SMK PABA Gagal Ujian Karena Hal Ini

"Sisi positif dari ujian UNBK adalah untuk melatih kejujuran siswa, dimana token untuk ujian baru bisa diakses pukul 07.30 WIB, setelahnya barulah server utama sekolah dapat dibuka untuk membagikan soal ke komputer client siswa. Selain melatih kejujuran sistem ujian ini juga membuat waktu siswa lebih efisien dibandingkan ujian," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved