Proyek LRT dan BRT Segera Cari Investor

"Seharusnya hari ini Kementerian Keuangan datang, tapi dibatalkan. Informasi yang kami dapat pihak kementerian punya urusan ke Australia,"

Proyek LRT dan BRT Segera Cari Investor
Tribun Medan / Hendrik
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Medan Wiriya Alrahman di Ruang Kerjanya, Rabu (12/4/2017). (Tribun Medan / Hendrik) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Medan Wiriya Alrahman menuturkan bahwa status proyek Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) telah naik menjadi Final Business Case (FBC).

Peningkatan status ini atas persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sehinga dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menandatangani nota kesepahaman.

Baca: NEWSVIDEO: Gojek Menggelar Aksi Teatrikal di Depan Gedung DPRD Medan

"Seharusnya hari ini Kementerian Keuangan datang, tapi dibatalkan. Informasi yang kami dapat pihak kementerian punya urusan ke Australia," kata Wiriya kepada www.tribun-medan.com di Balai Kota Medan, Rabu (12/4/2017).

Ia mengungkapkan Kemenkeu telah melaksanakan konsultasi publik. Pascastatus FBC maka akan dilaksanakan pencarian investor.

"Ini program kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Kita sangat dibantu dengan Kemenkeu dan Bappenas," sambungnya.

Wiriya tak dapat memastikan kapan pembangunan konstruksi LRT dan BRT dimulai. Ia juga belum mengetahui berapa unit LRT dan BRT yang terealisasi.

"Belum tahu kapan dimulai pembangunannya, tapi dari Pemko Medan minta segera mungkin, kalau bisa 2018 sudah mulai pelaksanan konstruksi," tuturnya lagi.

Baca: Pengguna Narkotika Terbesar Adalah Golongan Pekerja

Kedepan LRT dan BRT akan dikelola oleh pihak swasta, apabila masa pengelolaan selesai akan menjadi aset Pemko Medan.

"Pelaksaan akan dikelola pihak kedua. Apabila masa kontrak habis akan menjadi aset pemko, dan Pemko yang memutuskan akan dikelola pihak kedua atau perusahaan daerah," ucap Wiriya mengakhiri.

(cr2/tribun-medan.com)

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved