Puluhan Mahasiswa Ikuti Seleksi Pilmapres untuk Tingkat Nasional

Penyaringan itu akan menyisakan enam orang yang akang dikirim mewakili Sumut untuk bersaing pada Pilmapres Nasional di Jakarta.

Puluhan Mahasiswa Ikuti Seleksi Pilmapres untuk Tingkat Nasional
Tribun Medan/Arjuna
Tim Pakar, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut, Dr Mahriyuni MHum sedang menguji peserta pada pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) yang diselenggarakan Kopertis Wilayah I Sumut, di Kantornya, Jalan Setia Budi, Medan, Selasa (18/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Puluhan perwakilan mahasiswa terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) yang diselenggarakan Kopertis Wilayah I Sumut, di Kantornya, Jalan Setia Budi, Medan, Selasa (18/4/2017).

Penyaringan itu akan menyisakan enam orang yang akang dikirim mewakili Sumut untuk bersaing pada Pilmapres Nasional di Jakarta.

"Dari puluhan peserta ini nanti akan kita kerucutkan menjadi enam orang. Harapan kita, mereka bisa bersaing di tingkat nasional,"ujar Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut, Mahriyuni.

Baca: Ini Tips dari Kopertis Wilayah I Agar Calon Mahasiswa Tak Salah Langkah Pilih PTS

Baca: Siapa Dosen Unimed Bisa Kuasai Perumahan Dosen USU, Lalu Dijadikan Indekos Mahasiswa?

Perempuan berjilbab ungu itu menjelaskan, tujuan kegiatan itu memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekkstrakrikuler.

Memberi motivasi kepada mahasiswa menyinergikan hardskill dan softskills mahasiswa. Kemudian, mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan.

Menurutnya enam orang hasil pemilihan yang akan dikirim ke tingkat nasional, ditentukan sesuai kuota maksimal yang ditentukan berdasarkan rasio tiap wilayah kopertis.

Kepala Seksi (Kasi) Akademik kemahasiswaan, Drs Suhan Lubis, menambahkan, peserta pilmapres adalah mahasiswa aktif program sarjana yang terdaftar pada PD-DIKTI di perguruan tinggi dibawah kementrian riset teknologi dan pendidikan.

Ia menambahkan, pesaing-pesaing yang berlaga itu merupakan hasil seleksi satu orang per PTS. Menurutnya, seleksi dilakukan pihak kampus secara otonom. Kemudian, ujian dilakukan di Kopertis, Selasa 18 dan Rabu 19 April 2017.

Pantauan Tribunmedan.com, pelaksanaan penilaian dilakukan oleh tim pakar.

Secara bergantian, peserta mengikuti test berupa wawancara di beberapa meja penguji. Penguji. Unsur-unsur yang dinilai seperti IPK, dengan bobot 20 persen, karya tulis ilmiyah yang terdiri dsri nilai tulisan dan presentase dengan bobot 30 persen, prestasi mahasiswa yang diunggulkan dengan bibot 25 persen serta bahasa inggris dengan bobot 25 persen. Masing-masing dikali 100.

Adapun Tim pakar itu yang menguji, termasuk dari Kopertis, Dr Mahriyuni Mhum, lalu Prof Dr Ir Nuirhayati MP (UISU), Prof Dr Khairil Ansaru MPD (Unimed), Ir Diana Chailil MSi (USU), Dr Ariduddin MA (STBA Harapan).(*)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved