Ketua DPRD Siantar Minta Pemko Perhatikan Seni dan Budaya

Kita harus pikirkan, agar Kota Pematangsiantar memiliki Gedung Kesenian atau Gedung Kebudayaan Daerah.

Ketua DPRD Siantar Minta Pemko Perhatikan Seni dan Budaya
Tribun Medan/Dedy
Ketua DPRD Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak foto bersama anak-anak pementas seni dan budaya rangka HUT ke-146 Kota Pematangsiantar. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap seni dan budaya.

Hal ini diketahui setelah merayakan hari ketiga HUT ke-146 Pematangsiantar di Lapangan Adam Malik Siantar.

Di sela-sela menyaksikan pertunjukan Pesta Rakyat, Ketua DPRD langsung melihat tingginya minat anak-anak muda di Pematangsiantar yang berkreasi di bidang seni dan budaya daerah. Apalagi disebutnya, jika berkaca melihat wadah mau pun event untuk tempat penampilan dan pertunjukan kreasi masih sangat minim.

"Kita perlu carikan jalan keluarnya agar kreasi seni dan budaya yang digeluti generasi muda bisa terwadahi. Kita harus pikirkan, agar Kota Pematangsiantar memiliki Gedung Kesenian atau Gedung Kebudayaan Daerah. Selain itu kita harapkan juga, Dinas Pariwisata punya program pagelaran seni dan budaya secara kontiniu," ujarnya, Senin (24/4/2017).

Wakil Wali Kota menyambut baik usulan Ketua DPRD membangun Gedung Kesenian atau Kebudayaan Daerah di Kota Pematangsiantar. Namun menunggu adanya lokasi yang tepat serta pengkajian teknis soal pembangunannya, tentu bisa dimanfaatkan dulu apa yang ada.

"Kita bisa manfaatkan Balai Bolon Lapangan Adam Malik atau Lapangan Pariwisata, sehingga wadah kreasi yang dimaksud Ketua DPRD bisa terakomodir, sembari kita memikirkan lokasi pembangunannya yang tepat. Kita juga melihat, bahwa pertumbuhan sanggar-sangar kesenian di kota ini cukup pesat, sehingga butuh wadah untuk pementasannya," ujar Hefriansyah.

Pada pesta budaya rakyat, selain persembahan totortor dan musik tradisional tagading, malam ketiga Pesta Rakyat Siantar juga dimeriahkan dengan Fashion Show Cilik berbusana daerah yang diikuti 130 orang anak-anak, persembahan Theater Kosong Satu FKIP Universitas Simalungun, serta sejumlah tarian dan lagu-lagu daerah lainnya.

Nantinya, untuk malam puncak Pesta Rakyat Siantar, Sabtu (29/4/2017) malam di Lapangan Adam Malik, akan didatangkan artis Batak dari Jakarta, Erick Sihotang dan Retta Sitorus yang akan didampingi artis-artis lokal Pematangsiantar.(*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved