Orangtuanya Tersangka Dugaan Pelanggaran UU ITE, Ini Komentar 'Pedas' Polwan Cantik Vanny

"Saya dengar UU ITE (tersangkanya) bisa ditahan, walaupun (ancamannya) di bawah 5 tahun. Tapi kalau di atas 5 tahun (penyidik) wajib bisa menahan,"

Orangtuanya Tersangka Dugaan Pelanggaran UU ITE, Ini Komentar 'Pedas' Polwan Cantik Vanny
Tribun Medan / HO
Vanny Simbolon 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Elfrida Sinaga, Ibu dari polwan cantik Bripda Vanny Simbolon yang juga Wanita Bhayangkari Personel Polres Simalungun jadi tersangka kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Rabu (26/4/2017) kasusnya terus bergulir dan bisa ditahan apabila mengulangi perbuatannya di sosial media.

Elfrida diduga menghina atau mencemarkan nama baik MP melalui Facebook dan sesuai Laporan tertuang di nomor STTLP/138/II/2016/SPKT I, tanggal 5 Februari 2016.

Praktisi hukum, Mangembang Pandiangan menuturkan, penahanan seorang tersangka yang diduga lakukan tindak pidana merupakan kewenangan penyidik. Tentang penahanan tersangka diatur dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP.

"Yang pertama menghilangkan barang bukti, melarikan diri dan mengulangi perbuatannya. Itu ada tahap dari penyidikan sampai disidangkan. Kepolisian, jaksa dan hakim memiliki kewenangan tersendiri dalam penahanan. Misal di Kepolisian (tersangka) tidak ditahan tapi di jaksa bisa ditahan," ungkapnya.

Elfrida merupakan tersangka pertama kasus UU ITE di Kota Siantar. Ia dipersangkakan UU ITE pasal 27 ayat 3 junto pasal 310 dan 311 KUHPidana, dengan ancaman 4 tahun pidana penjara.

"Saya dengar UU ITE (tersangkanya) bisa ditahan, walaupun (ancamannya) di bawah 5 tahun. Tapi kalau di atas 5 tahun (penyidik) wajib bisa menahan," ungkapnya.

"Dia kan dituntut sesuai dengan yang di Facebook akibat ada perkataan yang tidak baik. Jadi kalau (tersangka) mengulangi perbuatan di Facebook itu sudah bisa (ditahan) karena dia mengulangi perbuatannya, kan begitu. Barang buktinya Facebook itu," ujar Mengembang.

Baca: Andi Lala Akan Dikawal Brimob dan Sabhara Saat Peragakan Hal Ini

Halaman
123
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved