Turun Tangan Medan Peduli dan Tanggap Isu di Lingkungan

Dengan berjalannya waktu, relawan dan ide-ide semakin bertambah. Turun Tangan Medan semakin memperluas isu yang diangkat tidak hanya mengangkat isu

Turun Tangan Medan Peduli dan Tanggap Isu di Lingkungan
Tribun Medan / HO
Relawan Turun Tangan Medan mengabadikan foto bersama

Laporan Wartawan Tribun Medan / Elvira Lieshanty Febryza

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Januari 2014 silam, beberapa pemuda berkumpul bersama di Lapangan Merdeka Medan. Mereka adalah pemuda-pemuda yang tergabung dalam turuntangan.org yang berkumpul bersama membentuk sebuah gerakan yang bernama Turun Tangan Medan.

Sekedar informasi, Turun Tangan pertama kali didirikan di Jakarta pada Agustus 2013 dengan inisiator gerakan Turun Tangan adalah Anies Baswedan dan kemudian menyebar ke 19 Kota lainnya satu diantaranya Turun Tangan Medan yang berdiri pada 12 Januari 2014.

“Turun Tangan Medan adalah Gerakan edukasi politik dan sosial yang menjadi wadah pemuda-pemudi di Kota Medan untuk ikut serta menyelesaikan keresahan serta permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia dan khususnya Kota Medan, dengan segala kemampuan dan keahlian yang dimiliki,” beber Koordinator Turun Tangan Medan, Gita Chantika Mentari, kepada Tribun beberapa waktu lalu.

Baca: Berhasil Raih Kemenangan Perdana di Liga 2, Ini yang Didapat Skuat PSMS

Dengan berjalannya waktu, relawan dan ide-ide semakin bertambah. Turun Tangan Medan semakin memperluas isu yang diangkat tidak hanya mengangkat isu politik saja tapi juga isu sosial, pendidikan dan lingkungan. Gerakan ini terus berkembang karena kepercayaan bahwa generasi muda merupakan aset terbesar dan ujung tombak sebuah bangsa bahkan hingga saat ini terkumpul sejumlah 200 relawan yang siap turun tangan menyelsaikan masalah yang ada di kota Medan.

“Kita semua sadar bahwa untuk untuk menyelesaikan permasalahan di negara ini terlalu sulit untuk diselesaikan hanya oleh satu sosok saja. Indonesia khususnya Medan membutuhkan pemuda-pemuda yang optimis, yang aktif, turun tangan dan terlibat langsung dalam setiap permasalahan di negara ini. Saat ini sekitar 205 relawan,” ungkapnya.

Gita menerangkan Turun Tangan Medan membawa menumbuhkan rasa nasionalisme, optimisme, kekeluargaan serta turun tangan langsung dan terlibat aktif dalam menyelesaikan permasalahan di Indonesia, lingkungan sekitar dan khususnya kota Medan sebagai bentuk rasa cinta pada tanah air.

Kata Gita, telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh turun tangan Medan seperti, Edukasi Politik, Pemilihan dan Edukasi Menteri Kabinet Kerja, Aksi “Tolak Serangan Fajar”
Diskusi Sumpah Pemuda, Mengadili Calon Walikota Medan dan lainnya.

“Kalau untuk project terbaru tahun ini kita ada Volunteer Goes To School. Manusia yang berkualitas adalah manusia yang bisa menjalankan soft skill dan hard skill secara seimbang. Bagi orang-orang yang telah bergabung di dalam sebuah komunitas atau organisasi mungkin mengatakan bahwa masuk ke sebuah komunitas atau organisasi adalah hal yang penting," jelasnya

Sambung Gita, Dan bagi orang-orang yang tidak masuk ke sebuah organisasi atau komunitas mungkin akan mengatakan bahwa itu adalah hal yang sia-sia, buang waktu, buang tenaga dan buang uang. Namun tanpa di sadari ternyata banyak orang-orang sukses di Indonesia terutama di Medan adalah orang yang aktif di Organisasi ataupun komunitas. Maka dari itu Turun Tangan Medan berinisiatif untuk mengadakan acara Volunteer Goes To School.

‘Volunteer Goes To School’ merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan Anak Muda khususnya pelajar SMA tentang sifat kerelawanan dan Nasionalisme. Serta untuk menjelaskan kepada para generasi muda tentang pengertian dan perbedaan dari komunitas,relawan, organisasi, gerakan dan organisasi masyarakat.

“Untuk yang mau bergabung dengan Turun Tangan Medan bisa menghubungi admin di Social Media kita. Instagram : @TuruntanganMDN, Twitter : @TuruntanganMDN, Facebook : Turun Tangan Medan, Youtube : Turun Tangan Medan, Path : TuruntanganMDN.

(cr6/tribun-medan.com)

Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved