Unika Akan Gelar Seminar tentang Gempa 19 Mei Mendatang

Prodi Teknik Sipil Unika akan menggelar seminar bertajuk 'Gempa Sumatera Utara : Resiko dan antisipasinya pada Jumat, 19 Mei 2017 mendatang di Conven

Unika Akan Gelar Seminar tentang Gempa 19 Mei Mendatang
Tribun Medan / Arjuna
Rektor Unika, Frietz R Tambunan (kiri), pada temu pers terkait rencana seminar 'Gempa Sumatera Utara : Resiko dan antisipasinya pada temu pers di Hotel Danau Toba, Rabu (26/4/2017). (Tribun Medan / Arjuna) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Indonesia khususnya Sumatera Utara satu dari daerah yang rawan terjadi gempa.

Karenanya, Prodi Teknil Sipil Unika Santo Thomas berusaha mengurangi dampak dan kerugian yang timbul akibat gempa.

Dosen Prodi Teknik Sipil Unika, Simon Dherta Tarigan, mengatakan, mayoritas konstruksi bangunan-bangunan di Sumut belum merujuk tentang pembaharuan dari Peta Gempa Indonesia edisi 2002 menjadi edisi 2010 yang diterbitkan kementrian PU pada tahun 2010 lalu.

Padahal, Peta gempa terbaru edisi 2010 sudah dilengkapi sesuai SNI 1726 2012. Serta diterbitkan dengan harapan mendapatkan prediksi beban gempa yang lebih akurat.

"Masih banyak pemilik bangunan di Sumut yang belum sadar bahaya gempa," ujarnya pada temu pers, di Hotel Danau Toba, Rabu (26/4/2017).

Merespon hal ini, Prodi Teknik Sipil Unika akan menggelar seminar bertajuk 'Gempa Sumatera Utara : Resiko dan antisipasinya pada Jumat, 19 Mei 2017 mendatang di Convention Hall Hotel Danau Toba.

Simon menuturkan, seminar tersebut nantinya diadakan sekaligus membahas sosialisasi updating peta gempa Indonesia, sosialisasi SNI Geoteknik, Kondisi Kegempaan Sumatera, Indonesia, dan wawasan kegempaan lainnya.

Seminar tersebut penting dilakukan guna menyadarkan seluruh element, baik masyarakat maupun Pemerintah. Betapa penting pemahaman resiko gempa.

Untuk pendaftaran dilakukan di Sekretariat Panitia di Fakultas Teknik Unika. Atau melalui Silvia dinomor 081360826976.(*)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved