Edisi Cetak Tribun Medan

Laporkan Dugaan Pungli Akreditasi Puskesmas pada Jokowi, Ester Malah Dimarahi Oknum Dinas Kesehatan

Dugaan pungli tersebut dilaporkan beberapa pegawai puskesmas ke DPRD Kota Medan, Ombudsman, Menteri Kesehatan, dan Presiden Joko Widodo.

Laporkan Dugaan Pungli Akreditasi Puskesmas pada Jokowi, Ester Malah Dimarahi Oknum Dinas Kesehatan
Tribun Medan / Royandi
Ilustrasi Puskesmas (Tribun Medan / Royandi) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pelapor dugaan pungutan liar (pungli) berkedok untuk membiayai dana akreditrasi di beberapa puskesmas mendapat tekanan dari Dinas Kesehatan Kota Medan.

Dugaan pungli tersebut dilaporkan beberapa pegawai puskesmas ke DPRD Kota Medan, Ombudsman, Menteri Kesehatan, dan Presiden Joko Widodo.

"Orang dinas kesehatan malah marah-marah, karena kami bongkar dan laporkan masalah ini. Apalagi saat sudah banyak dimuat di media. Kepala dinasnya tidak langsung memarahi kami memang, tapi orang dinas kesehatan yang datang ke puskesmas kami yang marah," kata pegawai Puskesmas Simalingkar drg Ester Sitompul melalui sambungan telepon, Sabtu (6/5/2017).

Sebelumnya, berdasar laporan beberapa pegawai, pimpinan empat puskesmas diduga melakukan pungutan liar kepada staf-stafnya. Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Medan Johor, Puskesmas Simalingkar, dan Puskesmas Padangbulan Selayang.

Ester bercerita, yang datang memarahi dia dan teman-temannya di Puskesmas Simalingkar adalah pejabat di Dinas Kesehatan Kota Medan.

"Katanya sih untuk supervisi mereka datang. Cuma saat itu mereka bilang, kenapalah mesti ribut-ribut. Padahal cuma keluar dikit aja, dibanding dinas yang udah capek-capek menggolkan anggaran ke pusat," ujarnya.

Baca: Pegawai Puskesmas Laporkan Pungli Langsung ke Presiden via Online dan Media Sosial

Baca: Suami Istri Ini Menangis di Panggung saat Memenangkan Hadiah Rumah

Baca: Pemilik Porsche Seharga 1,3 Miliar Cabut Plat dan Kabur Meninggalkan Mobil, Polisi Buru Identitasnya

Baca: Diduga Pengemudinya Mabuk, Mobil Porsche Seharga 1,3 Miliar Hantam Trotoar, Ini Foto-fotonya

Halaman
123
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved