Donor Darah Selamatkan Nyawa dan Sehatkan Pendonor, Itu Kata Dokter

Selain menyelamatkan nyawa penerima donor, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung maupun menumbuhkan sel-sel darah baru bagi pendonor.

Donor Darah Selamatkan Nyawa dan Sehatkan Pendonor, Itu Kata Dokter
Tribun Medan / Hand Over
Direktur Administrasi Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian saat melakuka donor darah, Kamis (11/5/2017). (Tribun Medan / Hand Over) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Selain menyelamatkan nyawa penerima donor, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung maupun menumbuhkan sel-sel darah baru bagi pendonor.

Hal ini disampaikan Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian didampingi Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution seusai mendonorkan darahnya pada aksi kemanusiaan donor darah yang digelar oleh Komunitas Donor Darah Tirtaandi (Kodrati) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan.

“Selain untuk membantu sesama, Donor darah ini juga untuk menjaga kesehatan kita,” kata Arif Haryadian, Kamis (11/5/2017).

Pada kesempatan itu, Direktur Administrasi Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian ikut menyumbangkan darahnya sedangkan Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution tidak bisa menyumbangkan darahnya karena masih dalam perawatan medis.

Baca: Bergelar Adat Tongku Bermarga Hasibuan, Kodrat Shah Selalu Ingat Pulang

Direktur Adminsitrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian juga mengatakan bahwa Manajemen PDAM Tirtanadi mendukung sepenuhnya kegiatan sosial seperti ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendonor baik dari kalangan pegawai PDAM Tirtanadi maupun dari masyarakat.

“Terima kasih kepada semua pendonor baik dari kalangan pegawai maupun masyarakat yang telah berpartisipasi pada aksi kemanusiaan ini. Apresiasi kami juga buat semua Kru PMI yang telah melayani para pendonor,” kata Arif Haryadian.

Kegiatan donor darah dikuti oleh Direksi, Fungsionaris, Pegawai dan tenaga Kontrak PDAM Tirtanadi beserta keluarganya dan juga masyarakat umum.

Sementara itu Ketua Kodrati Gunawan Hary Mulya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini, sudah menjadi agenda rutin Kodrati yang digelar setiap tiga bulan sekali dan donor darah kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di tahun 2017 tetapi merupakan kegiatan yang Ke-19 kalinya sejak September 2011.

“Hingga jam 13.00 WIB, yang mendaftar untuk ikut donor darah kali ini sebanyak 178 orang dari jumlah itu sebanyak 141 orang memenuhi syarat untuk menyumbangkan darahnya dan 37 orang lainnya gagal mendonorkan darahnya dengan berbagai pertimbangan medis seperti tensi darahnya tinggi, baru sembuh dari sakit, HB tinggi, dll,”kata Gunawan.

Sementara itu, dr Maulana Baihaki dari PMI Kota Medan didampingi dr Eka Syafrida Ritonga mengatakan kegiatan donor darah merupakan yang kedua kalinya dilakukan di tahun 2017 tetapi merupakan kegiatan yang Ke-19 kalinya sejak September 2011 bersama-sama dengan Kodrati PDAM Tirtanadi.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan PDAM Tirtanadi ini karena saat ini ketersediaan darah yang akan disalurkan bagi orang–orang yang membutuhkan sangat terbatas,"ujar dr Maulana.

(akb/*/tribun-medan.com) 

Penulis: akb lama
Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved