Hore! Proyek LRT dan BRT di Medan Akan di-Running Tahun 2020

Setelah ditetapkan sebagai Final Business Case (FBC), kepastian pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Medan kembali

Hore! Proyek LRT dan BRT di Medan Akan di-Running Tahun 2020
IST
Ilustrasi Light Rail Transit (LRT) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Setelah ditetapkan sebagai Final Business Case (FBC), kepastian pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Medan kembali maju satu langkah.

Belum lama ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menandatangani kesepakatan induk. Yakni kesepakatan Kemenkeu membiayai seluruh proses FBC hingga penentuan investor.

Pascapenandatanganan ini, Pemko Medan dalam waktu dekat juga akan menandatangani nota kesepahaman dengan PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk Kemenkeu melaksanakan FBC proyek LRT dan BRT.

Baca: LRT dan BRT Segera Dibangun, Tim Kementerian Tinjau Lapangan

Baca: Proyek LRT dan BRT Segera Cari Investor

Baca: Pengembang BSD Bangun LRT dan Jalan Tol

"Secepatnya kita tandatangani kesepahaman dengan PT SMI, saat ini sedang menyusun draf," ucap Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Medan Wiriya Alrahma, Kamis (11/5/2017).

Proses FBC diprediksi memakan waktu sekitar dua tahun, dalam proses ini PT SMI akan melakukan uji lapangan hingga penentuan akhir bentuk konstruksi.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengungkapkan bahwa proyek LRT dan BRT bukan bentuk gagah-gagahan.

LRT dan BRT merupakan kebutuhan yang mendesak, pada 2024 lalu lintas Kota Medan diprediksi mengalami stagnasi.

"Semua mendambakan proyek ini. Kalau bisa tahun 2020 sudah running, Kota Medan akan mengalami stagnasi lalu lintas pada tahun 2024. Jangan sampai pada 2023 baru bisa running," ucapnya mengakhiri.(*)

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved