NEWS VIDEO: Begini Suasana Festival Hari Pasar dan Seminar Muamalah ala Rasulullah

Menurut Ketua Panitia Fahrul mengatakan tujuan dari acara ini adalah agar masyarakat mengetahui kembali sunnah Rasul yang telah hilang tersebut.

NEWS VIDEO: Begini Suasana Festival Hari Pasar dan Seminar Muamalah ala Rasulullah
Tribun Medan/Andimaz
Festival hari pasar dan seminar muamalah ala Rasulullah di pelataran Aula Universitas Islam Sumatera Utara 

Laporan Wartawan Tribun Medan, M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bertempat di pelataran Aula Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), di gelar sebuah acara Festival Hari Pasar dan Seminar Muamalah ala Rasulullah, Jumat (12/5/2017).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mengedukasi masyarakat, dalam hal memahami riba, yang selama ini sudah menjadi sistemik bagi masyarakat luas.

Menurut Ketua Panitia Fahrul mengatakan tujuan dari acara ini adalah agar masyarakat mengetahui kembali sunnah Rasul yang telah hilang tersebut.

"Dulu Rasul setelah hijrah ke Madina, Rasul membangun pasar, kata Rasul sunahku di pasar sama dengan sunahku di Mesjid. Hari ini pasar sudah banyak yang dipunguti retribusi padahal jaman Rasul dulu tidak ada,"kata Fahrul, Jumat (12/5/2017).

Tujuan lain acara ini adalah agar bisa mengedukasi karena jaman Rasul dahulu, sembilan dari sepuluh pintu rezeki berasal dari berniaga, namun berniaga yang bagaimana yang bisa memberikan kekayaan bagi kita.

Sekarang semua perniagaan pada umumnya sudah masuk terjerat dalam riba, seperti pinjaman ke Bank, Rentenir atau yang berbau dengan riba, karena si peminjam sendiri tidak memahami hukum muamalah.

"Islam akan jaya apabila muamalah ditegakkan, karena setengah dari kehidupan islam itu adalah ibadah, dan setengah lagi adalah muamalah, ini yang harus kita hidupkan kembali,"kata Fahrul.

Di acara Festival Hari Pasar & Seminar Muamalah Ala Rasulullah, juga diadakan seminar muamalah ala Rasulullah, dengan pembicara Okta Mirza dan Feri Aldi Mustapa.

"Disini kita bukan pakarnya, tapi kita disini berbagi, sambil mengkaji, acara ini difasilitasi oleh UISU untuk menghidupkan acara ini kembali, sunnah Rasul yang sudah hilang," ujarnya mengakhiri.(*)

SAKSIKAN VIDEONYA:

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved