NEWS VIDEO: Unik, Jual Beli Pakai Dinar Dan Dirham di Festival Hari Pasar UISU

Dalam Festival Hari Pasar ini, tidak ada dipungut biaya apapun, agar tidak lagi ada dipraktekkan riba di dalam berjualan.

NEWS VIDEO: Unik, Jual Beli Pakai Dinar Dan Dirham di Festival Hari Pasar UISU
Tribun Medan/Andimaz
Festival hari pasar dan seminar muamalah ala Rasulullah di pelataran Aula Universitas Islam Sumatera Utara 

Laporan Wartawan Tribun Medan, M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) adakan acara festival hari pasar dan seminar muamalah ala Rasulullah, di pelataran Aula UISU, Jumat (12/5/2017).

Dalam Festival Hari Pasar ini, tidak ada dipungut biaya apapun, agar tidak lagi ada dipraktekkan riba di dalam berjualan.

Menurut Ketua Panitia Fahrul,"Alat tukar yang digunakan dalam jual beli disini adalah Dirham perak dan Dinar emas, cuma mungkin untuk Dinar emas, mungkin belum ada harga barang yang seharga jutaan,"kata Fahrul.

"Tetapi disini ada Dirham perak, ini adalah uangnya agama islam, jadi inilah yang coba kita giatkan kembali, karena kita berzakat dengan itu, mahar pun dengan itu, bahkan untuk bersedekah juga bisa,"tambahnya.

Seorang pengunjung bernama Rida Rahmauli (32) coba untuk menceritakan sedikit pengalamannya mengunjungi festival hari pasar di Aula UISU tersebut.

Baca: NEWS VIDEO: Begini Suasana Festival Hari Pasar dan Seminar Muamalah ala Rasulullah

"Disini saya beli jilbab, ini untuk jilbab instan, saya melakukan pembayaran menggunakan mata uang Dirham, harga satu jilbab satu Dirham disetarakan dengan 70 ribu rupiah,"kata Rida, Jumat (12/5/2017).

"Jadi untuk kita yang kalau tidak ada uang tunai 70 ribu rupiah, tapi kita tetap ingin beli, bisa pakai mata uang Dirham, karena disini Dirham berlaku untuk proses jual beli sebuah barang," tambahnya.

Rida menuturkan acara yang didatanginya ini ramai, karena berada di Kampus UISU yang notabennya Kampus islam.

"Kalau bisa cara seperti ini sering-sering diadakan, karena bisa menggunakan pembelian dengan Dirham, jadi kita nggak usah pusing, kalau misalnya punya Dirham ini mau dibelanjain kemana nih, mungkin kesini juga bisa,“Ujarnya.(*)

SAKSIKAN VIDEONYA:

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved