Edisi Cetak Tribun Medan

Jemaah Umrah Telantar, Yang di Medan Belum Berangkat, Yang di Mekkah Belum Bisa Pulang

Kapan mereka diberangkat ke Tanah Suci atau uang mereka akan dikembalikan, tidak ada yang tahu.

Jemaah Umrah Telantar, Yang di Medan Belum Berangkat, Yang di Mekkah Belum Bisa Pulang
tribun medan/daniel
Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Jeb Tumuri menunjukkan perjanjian dengan travel PT Jannatul Firdaus 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Nasib jemaah umrah travel PT Jannatul Firdaus belum jelas. Kapan mereka diberangkat ke Tanah Suci atau uang mereka akan dikembalikan, tidak ada yang tahu.

Padahal, polisi sudah menindaklanjuti laporan para jemaah umrah, dengan melakukan penggeledehan ke kantor travel PT Jannatul Firdaus, Jalan Datuk Kubu, Medan Denai, Sabtu (13/5/2017) dini hari.

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Jeb Tumuri, yang juga calon jemaah umrah, mengatakan, saat ini 20 calon jemaah umrah asal Sibolga harus menginap di rumah keluarga mereka atau di Mess Pemko Sibolga di Kota Medan.

Baca: Batal Berangkatkan Jemaah ke Tanah Suci, Polisi Tangkap Bos Travel Umrah

Baca: Bos Travel PT Jannatul Firdaus yang Tipu Puluhan Jemaah Umrah Ditangkap

"Sejak kemarin pihak hotel di dekat KNO (Bandara Kualanamo) sudah tidak mau menanggung lagi, dan kondisi kami memprihatinkan. Ada yang ke rumah kerabatnya dan sebagian saya bawa ke Mess Pemko Sibolga," kata Jamil melalui sambungan telepon seluler, Sabtu malam.

Bahkan, ia mengaku, harus menanggung biaya penginapan satu malam dan juga biaya satu kali makan, yang seharusnya ditanggung pihak travel.

"Sampai saat ini tidak ada kejelasan. Harusnya polisi memfasilitasi pertemuan pemilik travel dengan para korban, untuk membicarakan nasib mereka," ujarnya.

Jamil pun belum mengetahui secara pasti kapan rombongan calon jemaah umrah tersebut diberangkatkan atau uang mereka akan dikembalikan pemilik travel.

"Malah saya dapat info, kalau 10 orang yang berada di Mekkah saat ini telantar," katanya.

Nasib mereka semakin tak jelas, setelah polisi memberi tahu bila aset pemilik travel PT Jannatul Firdaus yang berada di Jalan Datuk Kubu, Medan Denai bestatus kontrak.

"Mobil yang mereka pakai pun masih kredit tenyata. Jadi, tak bisa disita atau dijadikan sebagai jaminan," ungkapnya. (cr8)

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved