Presiden Jokowi Tawarkan Proyek Kuala Tanjung dan Akses Jalan Medan-Sibolga ke China

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, tiga kawasan ini dipilih lantaran dinilai memiliki kesiapan yang lebih baik dibandingkan

Presiden Jokowi Tawarkan Proyek Kuala Tanjung dan Akses Jalan Medan-Sibolga ke China
TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
AKSES DERMAGA KUALA TANJUNG - Pekerja melakukan proses pembangunan akses menuju dermaga Pelabuhan Multi Purpose Kuala Tanjung, di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kamis (13/4/2017). Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung yang telah mencapai 80 persen ditargetkan beroperasi sebagai Hubungan Internasional pada Juli 2017 guna mendukung program Poros Maritim dan Tol Laut yang dicanangkan Pemerintah. 

TRIBUN-MEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menawarkan sejumlah proyek di tiga kawasan kepada Presiden China Xi Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Belt and Road Forum International, di Beijing, Minggu (14/5/2017).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, tiga kawasan ini dipilih lantaran dinilai memiliki kesiapan yang lebih baik dibandingkan kawasan lainnya.

"Kita melihat kesiapan dari masing-masing kawasan ini," ujar Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Baca: Jokowi Tawarkan 3 Mega Proyek di Sumut, Sulut, dan Kaltara pada China

Proyek-proyek yang ditawarkan berada di tiga kawasan yakni Provinsi Sumatera Utara meliputi fasilitas Pelabuhan Kuala Tanjung dan akses jalan dari Kota Medan hingga Sibolga.

Selain itu ada juga proyek yang ditawarkan di Sulawesi Utara meliputi infrastruktur di Bitung-Manado-Gorontalo melalui akses jalan, jalur kereta api dan pelabuhan serta bandara.

Adapun proyek terakhir yang ditawarkan ke China berada di Kalimantan Utara. Proyeknya adalah proyek energi dan pembangkit listrik. Darmin menuturkan, pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk menawarkan proyek lainnya.(*)

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved