Mahasiswa dan Dosen Ikut Seminar di Danau Toba

Mereka terdiri dari berbagai Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai Kampus di Kota Medan.

Mahasiswa dan Dosen Ikut Seminar di Danau Toba
Tribun Medan/Arjuna
Ahli Gempa ITB, Prof Iswandi Imran memberi paparan pada seminar nasional bertema "Gempa Sumatera Utara : Resiko dan Antispasinya" 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Ratusan orang mengikuti seminar edukasi bertema "Gempa Sumatera Utara : Resiko dan Antispasinya" di Convention Hall Danau Toba, Jumat (19/5/2017).

Mereka terdiri dari berbagai Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai Kampus di Kota Medan.

Hadir sebagai pembicara, diantaranya, Prof Iswandi Imran (Fakuktas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung, David Robinson PHd (Geoscient DM Innovation, Ketua Pokja Geologi Tim Updating Peta Gempa Indonesia, Danny Hilman Nata Wijaya.

Adapula Ketua Tim Updating Peta Gempa Indonesia dan Ketua Umum HATTI, Pakar Geoteknik ITB, Bigman Hutapea PHd, Himpunan Ahki Teknik Tanah Indonesia (HATTI), Seismologust Badan Meteorologi, Klimatologi dan Gei Fisika Regional Sumatera Utara, Retno Agung.

Pada seminar ini, para Pamateri memaparkan poin penting gempa, resiko serta antisipasinya.

Antara lain, kondisi kegempaan dan updating sesar-sesar aktif di Indonesia, riset-riset terbaru sebagai masukan dalam Updating peta gempa Indonesia 2016, peta gempa Indonesia dan aplikasinya untuk perencanaan Gedung dan infrastruktur tahan gempa.

Lalu dampak updating peta gempa terhadap perencanaan bangunan tahan gempa Indonesia dan rencana memutakhirkan SNI terkait, Sosialisasi SNI Geoteknik, dan juga upaya Mitigasi gempa bumi tektonik di Sumatera Utara.

Ahli Gempa ITB, Iswandi Imran dalam paparannya menjelaskan, tiga aspek penting untuk mendapatkan struktur tahan gempa.

Di antaranya, aspek perencanaan, artinya perencana harus paham mengenai persyaratan detailing, hirarki keruntuhan, material untuk bangunan tahan gempa, serta kondiai geo teknik di Lokasi Bangunan.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved