Breaking News:

Tribun Ramadan

Bercak Hitam di Pilar Masjid Raya Diyakini Sebagai Bayangan Wajah Sultan Ma’moen Al Rasyid

Namun ada bercak hitam tampak seperti bayangan di balik pilar depan saf imam yang dilihat sekilas tampak seperti bayangan wajah manusia.

Tribun Medan/Silfa
Guide menunjukkan bercak hitam di pilar di saf imam Masjid Raya, Medan, kepada turis. 

Laporan wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pilar kokoh bergaya Timur Tengah menjadi ciri khas Masjid Al Mashun atau yang lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan yang berada di jantung Kota Medan, Jalan Sisingamangaraja.

Tak hanya bangunan masjid ini yang unik. Namun ada bercak hitam tampak seperti bayangan di balik pilar depan saf imam yang dilihat sekilas tampak seperti bayangan wajah manusia.

Diyakini bayangan wajah Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Baca: Alamak! Baru Hari Pertama Puasa, Puluhan Remaja Kena Razia Asmara Subuh

Baca: Ini Waktu Sahur yang Paling Baik Menurut Praktisi Kesehatan

Baca: Mengintip Aktivitas Komunitas Paguyuban Karya Salemba Empat Mengajar Anak-anak

Mulai dari lekukannya hingga bayangannya persis sama. Bukan kebetulan tempat ini merupakan tempat ia salat menjadi imam di masa hidupnya.

Kini ia masih bersama jamaah tepat di tempat di mana ia biasa berada, kata Ahmad, guide Mesjid Raya Medan saat menjelaskan tentang Masjid Raya kepada wisatawan.

Ia menuturkan, Sultan Ma’moen Al Rasyid juga menjadi imam masjid, ia banyak menghabiskan waktu di masjid. Serta berkontribusi besar untuk pembangunan Masjid Raya Medan hingga semegah ini.

"Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan bayangan itu ada, apakah sejak beliau meninggal atau sejak dibangunnya masjid ini pada tahun 1906," katanya.

Warisan kerajaan Islam Melayu Deli sampai sekarang ini masih menjadi kebanggaan masyarakat muslim Medan dan Sumatera Utara.

Serta menjadi destinasi yang direkomendasi untuk turis atau masyarakat yang ingin berwisata religi atau ingin tahu banyak soal masa kejayaan Raja Deli di masa lampau.(*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved