Edisi Cetak Tribun Medan

Anthony Terdakwa Dugaan Penistaan Agama Sidang Perdana Besok

Anthony Hutapea, terdakwa dugaan penistaan agama akan menjalani sidang perdananya sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (6/6)

Anthony Terdakwa Dugaan Penistaan Agama Sidang Perdana Besok
Tribun Medan/Array
Anthony Hutapea, terduga penistaan agama di media sosial akhirnya ditangkap Polrestabes Medan, Senin (17/4/2017) 

MEDAN, TRIBUN - Anthony Hutapea, terdakwa dugaan penistaan agama akan menjalani sidang perdananya sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (6/6) besok.

Seperti dilansir dari laman website http://www.pn-medankota.go.id, Anthony akan diadili dengan pembacaan surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Aisyah dari Kejari Medan.

Baca: Bertemu Dokter Fiera Lovita, Djarot Tawari Pindah Jadi PNS DKI

Persidangan akan dimulai pukul 13.00 WIB, namun belum diketahui sususan majelis hakim pada persidangan dengan nomor perkara1440/Pid.Sus/2017/PN MDN tersebut

Dalam laman website milik PN Medan itu juga dijelaskan penetapan jadwal sidang sudah dilakukan sejak Selasa (30/5) lalu. Sedangkan Kejari Medan telah melimpahkan perkara ini pada Rabu (24/5) lalu.

Baca: Wanita yang Belanja Bugil Muncul Lagi! Kali Ini Tidak Pakai Celana Dalam di Siang Bolong!

Tersangka merupakan pengusaha jasa angkutan ternama di Kota Medan ini diduga melakukan penistaan agama dengan menghina Nabi Muhammad SAW di akun Facebooknya. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE dan Pasal 156 huruf a KUHPidana Tentang Penodaan Agama.

Baca: Ini Bukti Baru Yana Zein adalah Seorang Muslim Sebelum Meninggal

Nantinya, Gerakan Anti Penistaan Agama Islam Sumatera Utara (GAPAI Sumut) dipastikan akan hadir dalam sidang perdana. "Kita akan menghadiri dan memantau sidang itu biar ada rasa keadilan yang diciptakan," kata Kordinator Tim Hukum GAPAI Sumut, Ade Lesmana saat dimintai tanggapannya, beberapa waktu lalu.

Baca: Horeee, Setelah Menunggu 33 Tahun, Akhirnya Sumut Bebas Krisis Listrik

Menurut Ade, sidang akan menjadi contoh dan memberikan efek jera kepada masyarakat lain untuk tidak melakukan penistaan agama kembali. "Makanya, kita akan terus memantau sidang ini hingga vonis. Karena ingin memberikan efek jera dan contoh kepada masyarakat," tandasnya.

Diketahui, petugas Sat Reskrim Polrestabes Medan mengamankan Anthony Hutapea, karena melakukan penistaan agama Islam. Dia diamankan setelah menerima laporan penistaan agama dari Gerakan Anti Penistaan Agama Islam (GAPAI) Sumatera Utara pada Jumat 14 April 2017. Polisi melakukan penyidikan dan menciduk Anthony di Jalan Setia Budi, Medan, Sumut, Sabtu tanggal 15 April 2017.

Baca: Mantan Panglima GAM Tewas Ditembak karena Melawan saat Digeledah

Pelaku yang merupakan pengusaha kafe dan transportasi ini dilaporkan karena telah menghina Nabi Muhammad SAW dalam akun Facebook pribadinya. Hal tersebut, membuat kemarahan umat islam di Medan dan Sumut. Tak mau mempersulit masalah, pihak kepolisian langsung menangkap Anthony. (ase)

Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved