Breaking News:

Ini yang Akan Dilakukan Pakpak Bharat Menuju Sentra Pendidikan Unggul

Kerjasama dengan sekolah tinggi yang di bawah naungan Kementerian Parawisata ini, dalam rangka studi kajian pembangunan Perguruan Tinggi Pariwisata...

Editor: Abdi Tumanggor
Tribun-Medan/ist
Kadis Pendidikan Pakpak Bharat, Mester Padang (kiri) menyerahkan bingkisan cendera mata berupa produk unggulan Pakpak Bharat kepada STP NHI, dan sebaliknya STP NHI menyerahkan Dokumen profil STP NHI sebagai bentuk apresiasi, Senin 

TRIBUN-MEDAN.COM, SALAK - Dalam rangka menuju sentra pendidikan yang unggul khusunya di bidang pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melakukan penjajakan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung, Jawa Barat.

Kerjasama dengan sekolah tinggi yang di bawah naungan Kementerian Parawisata ini, dalam rangka studi kajian pembangunan Perguruan Tinggi Pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca: Wakil Bupati Pakpak Bharat, Maju Ilyas Padang Berangkatkan Tim Safari Ramadan

Baca: Ditangkap lewat OTT, Satu Petinggi Jaksa dan Dua Orang Sudah Digelandang ke Gedung KPK

Pihak STP NHI Bandung menyambut baik kedatangan perwakilan Pemkab Pakpak Bharat. “STP NHI siap membantu Kabupaten Pakpak Bharat dalam usaha mendirikan Perguruan Tinggi Pariwisata. Perlu dilihat potensi-potensi yang ada disana, sehingga nanti dapat diwujudkan bentuknya apakah berupa politeknik, akademi, atau levelnya naik lagi menjadi sekolah tinggi," ujar Ketua STP NHI, Dr Anang Sutono CHE, Senin (5/6/2017).

Atas kerja sama ini, Dr Anang Sutono menambahkan, bahwa level kelembagaan ini akan ditentukan setelah dilakukan desk research atau studi kelayakan.

"Hasil studi kelayakan nanti akan diolah dan selanjutnya dilakukan visitasi sebagai dasar opini untuk mendirikan perguruan tinggi pariwisata. Untuk rencana pengelolaan akan dilakukan kerjasama dengan Kementerian Ristek Dikti dan Kementerian Pariwisata. Untuk curiculum design dan tenaga pengajar akan dibantu dari STP NHI Bandung,"jelasnya.

Baca: Empat Warga Palembang Merampok di Siang Bolong, Satu Ditembak, Sisanya Kabur

Baca: Imbau Rizieq Kembali ke Tanah Air, Kapolda: Lebih Baik Dihadapi

Anang berharap dengan berdirinya perguruan tinggi pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat dapat mensuplai SDM Pariwisata untuk mendukung pengembangan di Kawasan Destinasi Danau Toba. Kebutuhan Lowongan Kerja dari Pariwisata sangat tinggi. Pada tahun 2015 lowongan untuk pariwisata sekitar 15.000 orang sementera yang mendaftar hanya sekitar 4.000 orang.

“Dengan adanya rencana pembangunan perguruan tinggi ini, ini sudah menjawab keluhan selama ini, dan sudah sangat membantu STP dalam menjawab kebutuhan SDM di bidang pariwisata”, ungkap Anang.

Kepala Bappeda Pakpak Bharat Jalan Berutu mengatakan, bahwa Pakpak Bharat sangat berpotensi mendirikan peguruan tinggi ini, karena sebagai salah satu kabupaten yang masuk sebagai Badan Otorita Danau Toba.

"Tertuang dalam Perpres Nomor 81 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danu Toba dan Sekitarnya, dimana daerah ini akan mampu menjawab kebutuhan akan pariwisata di wilayah Danau Toba bahkan sampai ke luar negeri, dan ini adalah salah satu langkah untuk perwujudan Visi dan Misi Bupati Pakpak Bharat periode 2016-2021,"ungkapnya.

Baca: Pakpak Bharat Raih Predikat Wajar tanpa Pengecualian, Bupati Remigo Berterima Kasih pada ASN

Baca: Gubernur Minta Semua Kabupaten Lain Contoh Pakpak Bharat, Ini Alasannya

Untuk tindak lanjutnya, diharapkan akan dibangun memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan STP NHI, yang akan dihadiri oleh Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, yang direnacakan pada bulan Juni tahun 2017 ini.

"Ditargetkan berdasarkan MoU nantinya, studi kelayakan ini akan tuntas sebelum November 2017 sehingga pengajuannya tidak terkendala pada tahun mendatang," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Mester Padang.

Tim utusan dari Pakpak Bharat, di antaranya Kepala Bappeda Jalan Berutu, Kadis Pendidikan Mester Padang, Sekretaris Dinas Pendidikan Sampe Boangmanalu, Kasubbag PEP Disdik Mastaty Manik, Staf Dinas Pendidikan Harri Sianturi, dan Mewakili Dinas Pariwisata Kasubbag PEP Romindo Berasa. (*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved