Tribun Ramadan

Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar? Ini Amalan yang Harus Dilakukan

Lailatul Qadar merupakan malam yang paling istimewa paling indah dibandingkan malam seribu bulan dan menjadi malam dimana Al Quran diturunkan.

Penulis: M.Andimaz Kahfi |
Tarawih 

Laporan Wartawan Tribun Medan, M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang paling dinantikan umat muslim saat bulan Ramadan.

Lailatul Qadar merupakan malam yang paling istimewa paling indah dibandingkan malam seribu bulan dan menjadi malam dimana Al Quran diturunkan.

Wakil Rektor tiga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) bagian kemahasiswaan kerjasama dan alumni, Profesor Dr Amroini Derajat mengatakan Lailatul Qadar adalah kebenaran yang pasti ada.

Karena tercantum didalam Al Quran bahwasannya Lailatul Qadar itu ada dan pasti akan datang.

Baca: Komunitas Hijabers Salurkan Bantuan Kepada 70 Orang Mualaf

Baca: BMPD Ajak Anak Yatim dari Lima Panti Asuhan Buka Puasa Bersama

Baca: IKBI PTPN IV Berbagi Kepada 245 Anak Yatim

"Lailatul Qadar itu adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Oleh sebab itu orang yang beriman dan mengimani Lailatul Qadar tentu kita dianjurkan untuk mencarinya," kata Amroini, Jumat (16/6/2017).

Akan tetapi berbagai hal dan kondisi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapai itu, barangkali harus dipersiapkan dengan baik dan harus dipahami dengan benar.

"Yang dimaksud dipahami dengan benar adalah untuk menangkap atau menjumpai malam Lailatul Qadar itu, tidak ada kepastian tentang masalah hari, tanggalnya dan datangnya, hanya saja di keterangan sunah nabi mengatakan di 10 hari terakhir," kata Amroini.

"Ada beberapa alasan mengapa Lailatul Qadar datang di 10 hari terakhir, yang pertama mungkin tingkat untuk mengikuti puasa dihari terakhir banyak sekali gangguannya. Kedua untuk mendapatkan itu bisa jadi sebuah seleksi alam, bahwa malam Lailatul Qadar itu datang pada orang-orang pilihan,“ tambahnya.

Yaitu untuk orang-orang yang sudah mempersiapkan diri secara mental dan spiritual untuk mencarinya. Untuk mencari dan mendapatkannya kita tidak bisa memastikannya, bahwasannya itu malam Lailatul Qadar.

“Lailatul Qadar itu merupakan malam misteri dan hanya Allah saja yang tahu, an mungkin hanya untuk pribadi-pribadi tertentu saja yang tahu kapan itu Lailatul Qadar,“ kata Amroini.

Oleh sebab itu yang bagus kalau kita ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar, kita harus mencarinya justru dari awal sampai akhir. Jadi sekiranya kalau malam Lailatul Qadar ada dan turun di satu malam dari 30 hari itu pasti kita akan ketemu.

Adapun sekarang ini dikuatkan lagi pada malam 10 hari terakhir, mungkin sudah melemah semangat untuk mengikuti puasa dan terawih.

"Untuk mendapatkan Lailatul Qadar tergantung bagaimana kesiapan mental kita sendiri dalam menerimanya, karena Lailatul Qadar sebuah misteri yang memerlukan kesiapan mental spiritual,"kata Amroini.

"Dimana manusia kalau sudah membersihkan diri dengan bagus, kemungkinan besar dia akan tahu, akan turun dan dia sendiri yang akan mengetahui inilah malam Lailatul Qadar," tutup Amroini.(*)

SAKSIKAN VIDEONYA:

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved