Lapas Tanjunggusta Minta Bantuan TNI dan Polisi untuk Jaga Narapidana saat Malam Hari

Insiden kaburnya narapidana di Lapas Klas I A Tanjunggusta Medan tak terlepas dari jumlah petugas yang berjaga.

Lapas Tanjunggusta Minta Bantuan TNI dan Polisi untuk Jaga Narapidana saat Malam Hari
Tribun Medan/Array A Argus
Mobil Toyota Avanza BL 935 AZ yang digunakan para napi untuk kabur rusak berat setelah menabrak rumah warga di Jalan Lembaga? Pemasyarakatan, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Hamparan Perak, Sumatera Utara, Selasa (20/6/2017) pagi. Para napi dijemput oleh empat rekannya yang membawa senjata tajam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Insiden kaburnya narapidana di Lapas Klas I A Tanjunggusta Medan tak terlepas dari jumlah petugas yang berjaga.

Menurut Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas I A Tanjunggusta Medan, Muda Husni, jumlah tahanan dan napi tidak sebanding dengan jumlah petugas.

"Jumlah tahanan dan napi saat ini di lapas sudah mencapai 3000 lebih. Sementara itu, petugas jaga kita yang bertugas tiap waktu hanya 14 orang," kata Muda, Rabu (21/6/2017) siang.

Baca: Lubang Ventilasi yang Dijebol Narapidana Diperbaiki Pihak Lapas Tanjunggusta

Baca: Empat Narapidana yang Berusaha Kabur Ternyata Sering Membuat Onar di Lapas

Baca: Kalapas Khawatir Narapidana yang Berupaya Kabur Punya Senjata

Ia mengatakan, Kepala Lapas sudah mengajukan penambahan pegawai pada kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah I Sumatera Utara. Selain itu, pihak lapas juga berupaya meminta bantuan TNI-POLRI.

"Selama ini petugas TNI-POLRI ada juga ikut membantu menjaga. Kalau petugas TNI, mereka jaga dari jam tiga (15.00 WIB) sore sampai jam sepuluh (22.00 WIB) malam saja," katanya.

Untuk petugas kepolisian, lanjut Muda, hanya dari pagi sampai sore saja. Sementara, katanya, lapas butuh penjagaan di malam hari.

"Jika petugas TNI-POLRI ikut berjaga, setidaknya kami lebih terbantu. Contoh seperti kasus kemarin, petgas kamu nyaris dibacok clurit," katanya.(*)

Penulis: ArgusA
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved