PLN Jamin Pasokan Listrik Selama Lebaran Aman

Menjelang Lebaran, Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) sudah mempersiapkan pasokan listrik.

PLN Jamin Pasokan Listrik Selama Lebaran Aman
EPA
Ilustrasi Pemadaman listrik 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Menjelang Lebaran, Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) sudah mempersiapkan pasokan listrik.

"Pasokan kelistrikan di Sumbagut saat Lebaran mendatang akan tercukupi," ujar Manager Distribusi PLN Wilayah Sumut, Budiono saat temu pers di kantor PLN wilayah Sumut, Rabu (21/6/2017).

Ia menuturkan, seperti diketahui bahwa di sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) hingga tanggal 20 Juni 2017 dibebani 161 Megawatt (MW).

Baca: Nenek Ini Menangis saat Anggota DPRD Jenguk Cucunya yang Jadi Korban Malapraktik

Baca: PLN Diminta Antisipasi Daerah dengan Cadangan Listrik Minim

Baca: PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya Jelang Lebaran

“Nah, kondisi semalam tadi beban untuk Sumbagut yaitu Sumut dan Aceh, beban puncaknya 1.936 MW. Untuk Sumut sendiri, itu bebannya 1.580 MW. Kemudian Aceh 306 MW,” tuturnya.

Ia menerangkan, secara total PLN memiliki cadangan listrik sebanyak 279 MW. Oleh karena itu kondisi kelistrikan di Sumbagut terutama di Sumut tercukupi hingga Lebaran mendatang.

“Ada cadangan daya 205 MW, dan mesin yang siap operasi tetapi tidak dioperasikan dan untuk cadangan juga namanya RS Shut down, istilahnya mesin mati tetapi siap,” terangnya.

Ia menjelaskan, di system PLN ada yang namanya sistem Sumbagut, dan juga sistem Nias yaitu di Nias pembangkit listrik sendiri dengan daya mampunya 585 MW, kemudian beban puncaknya 27,3 sehingga masih ada cadangan daya 26,54 MW.

“Jadi keseluruhan sistem masih surplus, masih ada sisa cadangan dayanya,” jelasnya.(*)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved