Agar Lebih Tega Membuang Barang Tak Terpakai

"Saat Anda memberi nilai uang pada barang yang sentimentil, ternyata banyak orang tetap tidak mau menjualnya walau barang itu sudah difoto,"

Agar Lebih Tega Membuang Barang Tak Terpakai
(thinkstockphotos.com)
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Membuang barang-barang bekas dan sudah tak terpakai lagi memang tidak mudah. Salah satu hambatannya adalah rasa sentimentil pada barang tersebut sehingga meski sudah tak dipakai lagi tapi tak tega menyingkirkannya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh situs eBay dan Nielson terungkap, rata-rata orang Amerika menyimpan 50 barang tak terpakai di rumahnya, termasuk pakaian, aksesoris, dan elektronik.

Kebiasaan menyimpan barang-barang tak terpakai sebenarnya harus dihilangkan. Tanpa disadari, barang bekas yang menumpuk di rumah bisa menjadi sumber stres juga.

Baca: Trump: Kesabaran Kami Menghadapi Korea Utara Sudah Habis

Bila Anda merasa ada kenangan yang tersimpan pada barang tersebut, misalnya kaus basket yang Anda pakai saat menang di turnamen final antar kampus, sebenarnya ada cara mudah agar kita lebih ringan untuk membuang atau mendonasikannya. Caranya adalah dengan memfotonya.

Dalam penelitian yang dimuat di Journal of Marketing, terbukti bahwa setelah barang-barang yang menyimpan memori itu difoto, para responden merasa lebih mudah untuk menyumbangkannya.

Walau begitu, ternyata cara tersebut tidak efektif jika barang bekas itu ditujukan untuk dijual.

"Saat Anda memberi nilai uang pada barang yang sentimentil, ternyata banyak orang tetap tidak mau menjualnya walau barang itu sudah difoto," kata Karen Winterich, calon profesor bidang marketing dari Penn State University.

Sebaliknya, jika barang-barang tak terpakai itu akan disumbangkan, maka menyimpan fotonya ternyata bisa mengurangi rasa berat melepas barang tersebut.

"Yang diinginkan banyak orang adalah menyimpan memori itu. Ketika mereka menyadari ada foto kaus favoritnya atau ternyata sudah menyimpan fotonya sedang memakai barang itu, perasaan pun lebih mudah untuk melepasnya,' katanya. (*)

Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved