Sebanyak 400 Kepala Keluarga Umat Parmalim Rayakan Pameleon Bolon

Acara pamelein bolon ini adalah kali pertama dilakukan di Kota Medan. Sebelum-sebelumnya acara serupa hanya dilakukan di Huta Tinggi, Kabupaten Tobasa

Sebanyak 400 Kepala Keluarga Umat Parmalim Rayakan Pameleon Bolon
Tribun Medan/Riski Cahyadi
Masyarakat umat Parmalim (Suku Batak) mengikuti ritual Sipahalima di Medan, Rabu (5/7). Parmalim merupakan suatu aliran kepercayaan suku Batak yang berasal dari keturunan Sisingamangaraja yang digelar untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Debata Mulajadi Na bolon atau Sang Pencipta atas berkah yang diberikan selama setahun. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sebanyak 400 kepala keluarga Umat Ugamo Parmalim merayakan upacara Pameleon Bolon Sipaha Lima 2017 di Kota Medan, Kamis (6/7/2017). Upacara Pemelon Bolon ini dipimpin oleh Ihutan Ugamo Parmalim, Poltak Marsinton Naipospos.

Acara pamelein bolon ini adalah kali pertama dilakukan di Kota Medan. Sebelum-sebelumnya acara serupa hanya dilakukan di Huta Tinggi, Kabupaten Tobasa. Acara ini dilakukan karena tempat Parsantian di Huta Tinggi ditutup sementara.

Poltak Marsinton Naipospos merupakan pengganti dari Ihutan Terdahulu, Ihutan Marnakkok Naipospos yang meninggal beberapa bulan yang lalu. Poltak Marsinton merupakan anak ke-2 dari Ihutan Marnakkok Naipospos.

Baca: Uniknya! Begini Cara Bergotong Royong Umat Parmalim yang Diiringi Alat Musik Uning-uningan

Baca: NEWS VIDEO: Tortor Parsahadatan, Ungkapan Hati Umat Parmalim Bersyukur kepada Mula Jadi Nabolon

"Upacara pamelon bolon ini adalah satu upacara ritual dari tujuh upacara ritual yang wajib kami lakukan sebagai umat Parmalim," ujar Poltak Simanjuntak, Humas Ugamo Parmalim di Jalan Air Bersih, Kamis (6/7/2017)

Dalam kesempatan ini, Ihutan Poltak Marsinton Naipospos menyampaikan permohonan kepada Debata Na Mula Na Jadi Na Bolon supaya diberikan kesehatan kepada segenap umat Parmalim.

"Lehon ma hahipason. Gabe ma hami, jala horas-horas," ujarnya dalam bahasa batak toba, yang artinya berikan kami kesehatan. Sejahteralah kami dan tetap sehat dan bersemangat.(*)

Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved