Manfaat Minum Kopi Bisa Buat Anda Hidup Lebih Lama, Mengurangi Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

IARC dan Imperial College London menemukan bahwa tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi akan menurunkan risiko kematian

Manfaat Minum Kopi Bisa Buat Anda Hidup Lebih Lama, Mengurangi Risiko Kanker dan Penyakit Jantung
Pinteres

TRIBUN-MEDAN.COM - Tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian.

Periset dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) dan Imperial College London menemukan bahwa tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi akan menurunkan risiko kematian, terutama dari penyakit peredaran darah dan penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Manfaat Kopi
plus.google.com

"Kami menemukan bahwa keterkaitan mengkonsumsi kopi yang lebih tinggi akan memiliki risiko kematian yang lebih rendah, dan khususnya untuk penyakit peredaran darah, dan penyakit pencernaan," ungkap Dr Marc Gunter.

"Ini penting, karena hasil ini serupa di seluruh 10 negara Eropa, walaupun dengan kebiasaan-kebiasaan minum kopi yang bervariasi," tambahnya.

Bahkan kopi tanpa kafein memiliki efek yang sama, meskipun ada sedikit kehati-hatian karena para periset tidak dapat mengesampingkan bahwa peminum kopi tanpa kafein mungkin telah mengkonsumsi kopi berkafein juga dalam kurun waktu yang berbeda.

Manfaat Kopi
Pinteres

Temuan ini sesuai dari analisis data dari 500 ribu orang lebih di 10 negara Eropa, termasuk Inggris, untuk mengeksplorasi pengaruh konsumsi kopi terhadap risiko kematian yang dilakukan IARC.

Dr Gunter menambahkan, bahwa minum lebih banyak kopi dikaitkan dengan profil fungsi hati yang lebih baik dan respons kekebalan tubuh.

"Ini bersamaan dengan konsistensi hasil penelitian lain di AS dan Jepang memberi keyakinan lebih besar bahwa kopi memiliki efek kesehatan yang menguntungkan," jelasnya, dilansir Tribun-Medan.com dari Mirror, Rabu (12/7/2017).

Dr Gunter menyarankan, karena keterbatasan penelitian observasional, dirinya tidak terlalu merekomendasikan orang untuk minum kopi lebih atau kurang.

"Hasil sementara menunjukkan, bahwa minum kopi sebaiknya tiga cangkir per hari agar tidak merugikan kesehatan Anda," ungkapnya.

Manfaat Kopi
plus.google.com
Halaman
12
Penulis: Abdi Tumanggor
Editor: Abdi Tumanggor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved